Ramuan Herbal Ini Menambah Nafsu Makan Anak

Ilustrasi anak makan (freepik)
20 Agustus 2018 20:36 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Si kecil sulit makan tentu membuat orang tua pusing. Karena khawatir buah hati mereka kekurangan gizi dan tidak tumbuh secara optimal.

Jangan khawatir, Moms, ada cara mudah untuk menambah nafsu makan si kecil. Tidak perlu obat-obatan kimia, melainkan cukup dengan ramuan herbal. Salah seorang herbalis di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo, Rusmiyati, belum lama ini, menganjurkan agar anak tersebut diberi racikan jamu dari bahan temu lawak dan temu ireng.

Menurut dia temu lawak  (Curcuma zanthorrhisa) dan temu ireng (Curcuma aeruginosa) bisa menjadi alternatif.  “Berdasar pengalaman kami secara turun temurun racikan kedua empon-empon [rempah-rempah] itu bisa untuk menambah nafsu makan anak-anak,” ujar dia.

Sedangkan cara membuat ramuan itu juga terbilang mudah. Siapkan temu ireng 1 ons dan temu lawak 2 ons. Cuci bersih. Setelah itu, bahan-bahan tersebut dipotong jadi dua bagian dan digodok dengan air sebanyak tiga perempat liter.

Jika sudah mendidih dan tersisa kira-kira setengah liter, papar Rusmiyati, rebusan jamu tersebut didiamkan sampai dingin dan baru diberikan ke anak yang sulit makan. Dia menjelaskan, air godokan setengah liter tersebut dibagi dua. Dua hari pertama, kata dia, ramuan tersebut diberikan dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore. Setelah itu jamu diberikan satu hari satu kali.

Selepas satu pekan, papar dia, racikan jamu itu diberikan sepekan satu kali. “Dengan penjarangan pemberian jamu kepada anak ini, dimaksudkan agar anak tidak terlalu bosan mengonsumsi jamu tersebut,” papar dia.

Tokopedia