5 Makanan Ini Bantu Usir Kolesterol Jahat

Buah apel (Ndtv)
25 Agustus 2018 08:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Persediaan daging saat Iduladha tentu sangat melimpah. Konsumsi protein hewani meningkat drastis saat Iduladha tiba. Rasa daging yang enak memang membuat banyak orang ketagihan. Tapi ingat, mengonsumsi daging dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah.

Penumpukan kolesterol jahat di dalam darah dapat memengaruhi kesehatan jantung. Nah, agar kesehatan selalu terjaga, imbangi konsumsi daging dengan makanan lain yang mampu mengendalikan kolesterol jahat. Nah, makanan apa saja yang membantu mengontrol kolesterol? Simak ulasan yang dihimpun dari Live Strong, Jumat (24/8/2018), di bawah ini:

Apel

Apel merupakan buah kaya serat larut (pectin) yang membantu menurunkan kolesterol jahat. Kulit apel juga mengandung polifenol yang memperlambat oksidasi kolesterol jahat.

Avokado

Avokad mengandung beta-sitoserol yang dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Lemak nabati di dalamnya juga mampu menjaga kebugaran tubuh.

Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol, suatu anti-oksidan yang memberikan rasa nyaman pada tubuh. Sejumlah hasil penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh secara signifikan.

Kedelai

Kedelai mengandung senyawa aktif bernama isoflavon yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Senyawa ini juga membantu jantung mengurangi kadar lemak jenuh dari makanan yang dikonsumsi.

Terong

Terong merupakan sayuran yang kaya akan serat larut. Terong hijau, ungu, atau kuning juga rendah kalori sehingga sangat baik dikonsumsi. Sayuran ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Lihat saja, terong hijau seringkali dikonsumsi sebagai lalapan bersama makanan lain.



Tokopedia