Minum Susu Saat Sarapan Kurangi Nafsu Makan

Susu (The Health Site)
25 Agustus 2018 22:40 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Susu adaah minuman kaya protein dan tinggi kalsium yang sangat berguna bagi tubuh. Namun, kebanyakan orang takut minum susu karena khawatir bakal meningkatkan bobot tubuh. Padahal, minum susu justru dapat mengurangi nafsu makan.

Minum segelas susu di pagi hari ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya mengontrol nafsu makan. Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Dairy Science seperti dikutip dari laman The Independent, Sabtu (25/8/2018), menjelaskan minum susu saat sarapan membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah dan mengurangi nafsu makan. Hal ini sangat menguntungkan bagi penderita diabetes dan obesitas.

Tapi, susu yang disarankan dikonsumsi saat sarapan adalah yang berprotein tinggi. Sebisa mungkin minum susu sapi murni tanpa tambahan pemanis buatan. Protein dalam susu, whey dan kasein, membantu memperlambat kerja lambung dan membuat perut kenyang lebih lama.

Seorang peneliti dari University of Guelph, Kanada, Douglas Goff, mengatakan, minum susu saat sarapan sangat ampuh mengatasi penyakit metabolik seperti diabetes. Anda bisa mencampurkan susu dengan sereal sebagai menu sarapan sehat.

Mengonsumsi susu bersama dengan makanan tinggi karbohidrat seperti sereal gandum dapat mengurangi nafsu makan. Biasanya, orang yang menghindari sarapan bakal kalap saat jam makan siang tiba. Nafsu makan mereka bertambah karena lambung dibiarkan kosong dalam waktu yang terlalu lama. Nah, hal inilah yang memicu obesitas.

Tetapi, masalah nafsu makan berlebih itu bisa ditekan dengan membiasakan minum susu saat sarapan. Bagi yang tidak terbiasa makan di pagi hari boleh saja hanya meneguk segelas susu. Namun, alangkah lebih baik jika mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat sebagai sumber energi untuk beraktivitas.