Apakah Diet Tinggi Lemak Aman Dilakukan?

Daging steak (Pictagram)
26 Agustus 2018 05:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Diet merupakan cara yang tepat untuk mengontrol berat badan bagi yang mengalami obesitas. Ada berbagai macam metode diet populer yang diikuti, mulai dari diet karbohidrat, rendah lemak, telur, hingga diet tinggi lemak. Dari sekian banyak, diet tinggi lemak menjadi salah satu yang paling banyak diikuti.

Pelaku diet tinggi lemak hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan berlemak seperti daging, ikan, dan telur. Mereka dilarang mengonsumsi segala jenis makanan mengandung karbohidrat jika berat badan ingin cepat turun.

Tetapi, kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak tidak baik dilakukan terus menerus. Sebab, diet tinggi lemak menimbulkan resistensi leptin. Saat resistensi leptin terjadi, otak kebingungan menerjemahkan sinyal yang dikirimkan hormon yang mengatur nafsu makan.

Dikutip dari The Health Site, Sabtu (25/8/2018), otak bakal mengirimkan sinyal dengan melepas hormon ghrelin dan leptin saat sedang kenyang. Kedua hormon itu dilepas saat Anda berhenti makan dan mulai membakar kalori. Namun, saat resistensi leptin terhadi, maka tubuh tidak akan mampu membaca sinyal yang dikirimkan hormon tersebut. Akibatnya, nafsu makan bakal meningkat drastis.

Jika menuruti nafsu makan, maka pelaku diet yang mengalami resistensi leptin bakal terus mengonsumsi makanan tinggi lemak. Akibatnya, lemak tersebut bakal disimpan dan terus menumpuk di dalam tubuh. Cita-cita memiliki tubuh ideal pun tak kunjung tercapai. Lalu, apa yang harus dilakukan agar bobot tubuh cepat turun?

Teguhkan niat untuk menjalani diet sehat dan jangan pernah mengharapkan hasil yang instan. Kenali metabolisme tubuh untuk menemukan metode diet yang cocok. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh selama menjalani diet.

Diet semestinya tidak hanya dilakukan untuk mengurangi bobot tubuh saja. Tetapi, diet sebaiknya dilakukan sepanjang hidup untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab, menjalani diet sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga bakal membuat tubuh bugar dan berat badan ideal tanpa merasa tersiksa.

Tokopedia