Pola Pengasuhan Orang Tua Pengaruhi Kesehatan Anak

Ilustrasi orang tua memarahi anak (integratedstening)
29 Agustus 2018 20:55 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Gaya pengasuhan orang tua berpengaruh terhadap kesehatan dan kepribadian anak.  Anak yang diasuh oleh orang tua tenang, bijaksana, dan mengedepankan sopan santun akan tumbuh serta berkembang sesuai dengan kepribadian orang tua.

Sementara itu, anak yang diasuh oleh orang tua yang terlalu sibuk, tidak terlalu perhatian dengannya dan hanya berusaha mencukupi kebutuhan anak dari segi materi saja, ini juga akan berpengaruh besar terhadap kepribadian dan kesehatan anak.

Kevin Shafer, Ph.D, seorang profesor sosiologi di Universitas Brigham Young mengungkapkan kepribadian orang tua dan gaya pengasuhan yang diberikan pada anak berpengaruh besar terhadap kepribadian anak.

"Saat orang tua hidup bahagia, tenang dan bijaksana, ini membuat pribadi anak juga tenang dan sehat. Sebaliknya, ketika orang tua depresi, mudah marah, stres, dan bermasalah, ini juga akan membuat anak rentan terhadap depresi dan berbagai masalah di kehidupan sosialnya. Ini juga meningkatkan risiko sakit pada anak," ungkap Kevin seperti dikutip dari Parents dan ditulis liputan6.com, belum lama ini.

Amy Morin, seorang psikiater sekaligus dosen di Massachusetts yang menulis buku berjudul 13 Things Mentally Strong Parents Don’t Do mengatakan, "Ibu dan ayah menjadi cerminan dari seorang anak. Anak akan cenderung meniru orang tua mereka. Anak juga cenderung memiliki kepribadian yang sesuai dengan apa yang dimiliki orang tua mereka. Bagaimana orang tua mengasuh anak-anak mereka, ini juga berpengaruh besar terhadap kesehatan anak."

Agar anak senantiasa sehat, para ahli menyarankan agar orang tua selalu berusaha memberikan gaya pengasuhan yang menyenangkan.
Nasehati anak saat anak melakukan kesalahan dan berikan pembelaan ketika anak benar. Diharapkan orang tua memperhatikan tumbuh kembang anak dengan baik dan hindari menunjukkan ekspresi depresi maupun stres di depan anak-anak.

Tokopedia