Makan Sebelum Olahraga Percepat Pembakaran Kalori

Ilustrasi menu sarapan (Pictagram)
30 Agustus 2018 08:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Selama ini, banyak orang yang berolahraga di pagi hari dengan perut kosong. Hal itu dilakukan demi mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Namun, berolahraga dengan perut kosong biasanya membuat tubuh lemas tak berdaya. Jadi, alangkah lebih baik Anda sarapan terlebih dahulu sebelum berolahraga.

Tidak perlu takut kalori dalam tubuh tidak terbakar. Hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa makan sebelum berolahraga justru dapat membantu proses pembakaran kalori. Makanan membuat tubuh lebih prima dan mampu membakar lebih banyak kalori. Selain itu, sarapan membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Hasil studi dari University of Bath yang dipublikasikan di American Journal of Pshysiology seperti dikutip dari Standard, Rabu (29/8/2018), menyebut menu sarapan sederhana seperti bubur dari susu sangat baik dikonsumsi dua jam sebelum olahraga. Makanan tersebut mampu meningkatkan kecepatan tubuh membakar kalori.

Pembakaran kalori itu bukan hanya yang dimakan ketika sarapan pagi. Tetapi juga yang disimpan di dalam tubuh. "Sarapan sebelum berolahraga membuat tubuh tetap prima. Sarapan juga meningkatkan pembakaran kalori saat berolahraga," kata seorang periset.

Meski demikian, masih banyak orang yang enggan makan sebelum berolahraga khususnya di pagi hari. Alasannya tak lain adalah kekhawatiran terhadap meningkatnya bobot tubuh. Padahal, sarapan justru membantu meningkatkan energi dan membakar lebih banyak kalori.