Minum Air Hangat di Pagi Hari Bikin Tubuh Langsing, Benarkah?

Ilustrasi minum air hangat (mirror)
30 Agustus 2018 20:10 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Air hangat memiliki banyak manfaat bagi kebugaran tubuh, terutama jika Anda meminumnya di pagi hari. Banyak yang meyakini, minum air hangat di pagi hari bisa membuat tubuh Anda lebih langsing. Benarkah demikian?

Air hangat sudah lama digunakan sebagai perawatan dan penyembuhan cara kuno untuk menyehatkan sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat itu akan lebih terasa jika setiap pagi meminumnya dengan mencampurkan beberapa sendok madu.

Dikutip dari laman Health Me Up dan ditulis liputan6.com, belum lama ini, meminum segelas air hangat di pagi hari memang disebut dapat mencegah keinginan konsumsi kalori berlebihan. Selain itu, meminum air hangat di pagi hari juga dapat mengekang nafsu makan berlebih, dehidrasi tubuh, dan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Namun, sebuah studi membuktikan, hal seperti itu hanya efektif bagi mereka yang berusia di atas 35 tahun. Lepas dari itu semua, alasan mengapa mengonsumsi air hangat sangat dianjurkan, karena tubuh kita memiliki fungsi untuk menyesuaikan sesuai suhu tubuh, sehingga dapat meningkatkan metabolisme dan merangsang penurunan berat badan.

Karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi air hangat sepanjang hari, untuk membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan.
Selain itu, meminum air hangat sebelum makan, dipercaya mampu membantu keinginan mengonsumsi makanan secara berlebihan dan membuat cepat kenyang.

Ada manfaat lain dari air hangat. Jika Anda mengalami sakit dan nyeri karena beraktivitas yang berat Anda dapat mengatasinya dengan mengompres bagian yang sakit dengan air hangat. Kompres bagian yang sakit dengan air hangat, diamkan dan tekan secara perlahan. Jika dirasa perlu Anda dapat mengulanginya.

Kompres air hangat ini dapat membantu pembuluh dari menjadi melebar sehingga peredaran darah pun semakin lancar. Pembuluh darah yang lancar dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri karena kelelahan. Selain itu, air hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan merelaksasi otot sehingga Anda merasa nyaman.