Mandi Malam Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Mau Coba?

Ilustrasi tidur (Youtube)
31 Agustus 2018 08:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Mandi memang dapat membuat tubuh terasa bersih dan segar. Apalagi jika mandi dilakukan setelah seharian terkena debu di luar rumah. Setelah mandi, badan terasa segar kembali dan terkadang memicu kantuk. Itulah sebabnya banyak orang memilih mandi terlebih dahulu sebelum tidur agar lebih nyenyak.

Dikutip dari The Health Site, sejumlah ahli medis dari Center for Sleep New York, Amerika Serikat, menganjurkan mandi malam sebelum tidur dijadikan kebiasaan. Mandi malam merupakan proses pendinginan yang memberi sinyal tubuh untuk beristirahat. Mereka menganjurkan seseorang mandi dengan air hangat maksimal 90 menit sebelum tidur. Dalam rentang waktu tersebut, tubuh memiliki cukup waktu mengatur ritme sirkadian agar lebih rileks dan bisa tidur nyenyak.

Tetapi, ada pula ahli medis yang mengatakan mandi malam tidak baik untuk kesehatan tubuh. Pendapat ini bisa jadi benar jika Anda mandi di malam hari dengan air dingin. Efek negatif dari kebiasaan tersebut memang tidak langsung terasa. Namun, jika dilakukan terus menerus bakal timbul sejumlah masalah kesehatan mulai dari demam hingga rematik.

Mandi bukan satu-satunya cara untuk membuat tidur lebih nyenyak. Bagi yang tidak terbiasa mandi di malam hari jangan khawatir. Anda tetap bisa tidur nyenyak dengan meminum susu terlebih dahulu. Susu membantu meningkatkan produksi hormon melatonin dan triptofan yang membuat tubuh lebih rileks.

Minum susu sebelum tidur bisa menjadi terapi bagi Anda yang mengalami insomnia. Cara ini lebih baik dilakukan ketimbang mengonsumsi obat tidur yang mengandung zat penenang. Susu juga lebih alami dan tidak akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.