5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata

Mata (Pictagram)
01 September 2018 09:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Mata merupakan organ yang cukup penting bagi tubuh. Hampir 80 persen aktivitas sehari-hari bergantung pada penglihatan. Jadi, kesehatan mata harus benar-benar dijaga dengan baik agar berfungsi optimal.

Mata memiliki beberapa bagian yang berfungsi bersama. Satu saja bagian mata bermasalah, maka penglihatan bakal terganggu. Gangguan pada mata bisa disebabkan karena berbagai hal. Terkadang, kebiasaan sehari-hari juga memicu gangguan penglihatan.

Nah, apa saja kebiasaan buruk yang memicu gangguan pada mata? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Jumat (31/8/2018), di bawah ini:

Merokok

Merokok menjadi salah satu pemicu kerusakan mata. Kebiasaan ini meningkatkan risiko terkena katarak dan mengaburkan lensa mata. Sejumlah dokter menyebut merokok mengubah sel-sel pada mata melalui oksidasi yang menyebabkan katarak. Kebiasaan ini mengganggu aliran darah ke retina yang meningkatkan bahaya oksidasi pada sel makula yang menyebabkan katarak.

Main gadget

Bermain gadget khususnya di malam hari sangat mengganggu penglihatan. Sinar yang muncul dari layar gadget menyebabkan mata berair dan terasa tegang. Penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan itu dapat mengganggu tidur sehingga membuat mata merah di pagi hari.

Menggosok mata

Menggosok mata ketika kelilipan ternyata juga tidak baik. Menggosok mata terlalu keras bisa merusak kornea yang sangat sensitif. Kornea dapat tergores ketika ada benda asing yang masuk ke mata. Jadi, ketika mata kemasukan benda asing, sebaiknya segera berikan obat tetas mata dan mengedipkan kelopaknya.

Kurang tidur

Kurang tidur adalah kebiasaan buruk lain yang mengganggu penglihatan. Insomnia merupakan salah satu penyebab mata kering dan bengkak. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan kedutan di sekitar mata.

Merias mata berlebihan

Produk kecantikan seperti maskara, eyeliner, eye shadow, dan krim yang dipakai di sekitar mata juga bisa menimbulkan bahaya jika dipakai berlebihan. Memakai kosmetik berlebihan di sekitar mata sebaiknya dihindari. Apalagi bagi Anda yang sering memakai bulu mata palsu lengkap dengan maskara, eyeliner, dan eye shadow. Produk tersebut seringkali menyebabkan gatal dan iritasi. Segera hapus riasan mata setelah selesai beraktivitas. Bersihkan sampai tidak ada bekas kosmetik yang menempel di sekitar mata.