Dengar Musik Relaksasi Sebelum Tidur Tingkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi tidur (Independent.co.uk).jpg
02 September 2018 11:00 WIB Septina Arifiani Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan India menyebutkan mendengar musik berirama lembut (musik relaksasi) sebelum tidur dapat meningkatkan kesehatan jantung. Mendengar musik juga dipercaya mampu memengaruhi tingkat kecemasan dan kesejahteraan seseorang.

Dikutip dari Independent.co.uk, Rabu (29/8/2018), penelitian yang dipresentasikan di Kongres European Society of Cardiology (ESC) di Munich, Jerman, menyimpulkan tingkat kecemasan seseorang cenderung menurun ketika mendengarkan musik relaksasi sebelum tidur.

Peneliti mengambil sampel dari 149 peserta yang diminta tidur mendengarkan musik selama tiga malam. Usia sukarelawan rata-rata 26 tahun.

Hasil dari penelitian mereka menyebut denyut jantung sukarelawan meningkat selama mendengar musik relaksasi dan turun ketika mendengar musik pop atau tidak mendengar musik sama sekali.

Para ilmuwan menggunakan skala Kecemasan Goldberg untuk mengukur tingkat kecemasan para peserta sebelum dan sesudah tidur.

Mereka mencatat tingkat kecemasan peserta menurun secara drastis mengikuti alunan musik relaksasi. Sebaliknya, kecemasan peserta mengalami peningkatan drastis setelah mendengarkan musik pop.

Seorang konsultan ahli jantung di Rumah Sakit HG SMS di Jaipur, Dr Naresh Sen percaya dengan mendengarkan musik yoga dapat meningkatkan kesehatan jantung. (Billy Adytya Kurniawan/JIBI/Solopos.com)