Trik Menyusui Bayi Baru Tumbuh Gigi

Ilustrasi bayi tumbuh gigi (babycenter)
03 September 2018 21:00 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Menyusui bayi memberi banyak manfaat kesehatan tak hanya bagi bayi melainkan juga ibu. Namun, menyusui ketika bayi sudah mulai tumbuh gigi bukanlah perkara mudah.

Bayi yang tengah tumbuh gigi cenderung ingin menggigit benda apa pun di sekitarnya, termasuk ketika tengah menyusu. Hal ini tentu jadi tantangan tersendiri bagii para ibu. Konsultan laktasi bersertifikat, Leigh Anne O'Connor, berbagi tiga cara yang bisa Anda lakukan ketika menyusui bayi yang tengah tumbuh gigi, melansir laman Purewow dan ditulis liputan6.com, belum lama ini.

Ketika bayi menggigit puting
O'Connor menyarankan Anda untuk memasukkan jari ke mulut bayi jika dia tampak akan menggigit puting. Ini dilakukan sebagai antisipasi. Atau jika bayi sudah terlanjur mengigit, hentikan menyusui dan katakan padanya, "Jangan lakukan itu ya, Ibu jadi sakit," kemudian letakkan bayi dan hindari kontak mata selama 20 detik agar bayi tahu telah melakukan kesalahan.

"Tapi tak perlu membentaknya dan jangan membuatnya jadi permainan, jaga agar emosi tetap netral," ujar O'Connor.
Ketika Anda akan kembali menyusui bayi, katakan, "Kamu bisa kembali menyusu, tapi jangan menggigit ya." Usia bayi mungkin baru beberapa bulan tapi Anda akan terkejut betapa bayi mampu memahami pesan itu. Bisa jadi perlu beberapa kali untuk melakukan ini agar bayi terbiasa. Bila dia tetap menggigit, segera hentikan sesi menyusui.

Jika bayi kesulitan menyusu
Umumnya hal ini terkait posisi ketika menyusui. "Jika momen menyusu tepat, lidah akan menutupi gigi bawah yang biasanya lebih dulu muncu, dan gigi atas akan menempel aman di payudara ibu," ujar O'Connor. Anda pun bisa menambahkan mainan khusus yang diperuntukkan bagi bayi yang tengah tumbuh gigi.

Ketika bayi ingin lebih sering menyusu
Proses tumbuh gigi terasa menyakitkan pada beberapa bayi. Salah satu cara yang mampu menenangkan mereka adalah dengan menyusu. Susuilah bayi selama Anda mampu. Ketika kondisi tengah tidak memungkinan, Anda bisa memberinya alternatif lain.