Obati Bibir Pecah Pakai Kulit Buah Naga, Begini Caranya

Buah naga. (Solopos/Dok)
04 September 2018 12:15 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO -- Beberapa orang mungkin pernah merasakan masalah bibir pecah-pecah. Mereka yang mengalami ini kadang merasa penampilan mereka kurang sempurna sehingga kurang percaya diri.

Salah seorang guru Farmasi SMK Citra Medika Gatak, Sukoharjo, Hardiyo, mengungkapkan bibir memiliki kondisi unik dibandingkan bagian kulit lainnya. Bagian ini tidak dibekali kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan.

Oleh karena itu, paparan sinar matahari saat musim kemarau atau rendahnya kelembapan udara bisa menjadikan bibir kering. Kondisi bibir bisa makin memburuk jika tidak dirawat dengan baik.

Bagi mereka yang tak tahan dan mempunyai uang bisa berobat ke dokter. Alternatif lain, ujar Hardiyo, masyarakat dianjurkan membiasakan diri mencegah terjadinya penyakit daripada mengobatinya.

Karena mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh dinilai jauh lebih murah dan nyaman. “Lebih baik membiasakan mencegah penyakit daripada mengobatinya. Selain lebih murah mencegah juga tidak ada salahnya kita biasakan dengan hidup sehat. Dengan mencegah orang tidak perlu merasakan sakit,” papar dia saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya pekan lalu.

Namun jika sudah telanjur mengalami bibir pecah-pecah dan kulitnya terkelupas ini tentu perlu treatment khusus. Hardiyo menganjurkan agar kulit terkelupas di bibir tidak dicabut bagitu saja karena dikhawatirkan akan menambah sakit dan memicu infeksi.

“Selain rentan infeksi, mengelupas kulit pada bibir yang pecah-pecah itu kadang menimbulkan rasa perih. Karena itu lebih baik jangan memaksa mengelupasnya dan lebih baik diobati,” papar dia.

Untuk menghilangkan kulit-kulit yang mengelupas di bibir itu bisa menggunakan scrub buah naga. Bahan yang diperlukan untuk membuat scrub buah naga itu adalah kulit buah naga (hylocereus undatus), madu, dan gula pasir.

Cara membuatnya, ujar Hardiyo, cari kulit buah naga yang kering, bersihkan lalu ditumbuk. Setelah itu tumbukan kulit buah naga tersebut diberi gula pasir dan madu.

Komposisinya, gula pasir kira-kira butuh 100 gram dan dua sendok teh madu ditambah kulit tiga buah naga. Setelah menyatu dan lembut racikan ini bisa dioleskan ke bibir yang pecah-pecah.

Pemilihan buah naga karena buah ini karena mempunyai kandungan vitamin C dan E yang bermanfaat untuk kesehatan.