Khasiat Air Dingin untuk Kesehatan

Air dingin (Pictagram)
06 September 2018 08:40 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Minum air dingin saat cuaca panas memang terasa menyegarkan. Rasa haus bakal hilang seketika setelah air dingin membasahi tenggorokan. Selain menyegarkan, ada berbagai manfaat lain dari air dingin yang kurang diperhatikan atau malah tidak diketahui oleh banyak orang.

Sejumlah ahli media mengatakan, air dingin lebih cepat diserap dan membantu mengatur suhu tubuh. Itulah sebabnya meneguk air dingin saat cuaca panas dapat menetralisir suhu tubuh yang kepanasan. Selain itu, ada sejumlah manfaat lain dari air dingin untuk kesehatan. Apa saja? Simak ulasan yang dihimpun dari Huffington Post, Rabu (5/9/2018), di bawah ini:

Mencerahkan kulit

Kebanyakan orang meyakini air hangat lebih baik dipakai untuk membersihkan kulit, khususnya wajah. Padahal, kenyataannya justru air dinginlah yang lebih berkhasiat merawat kecantikan kulit. Minum air dingin memperlancar peredaran darah yang memberikan efek cerah alami pada kulit. Selain itu, membasuh wajah dengan air dingin dapat memperkecil pori-pori yang membuatnya terlihat mulus.

Meningkatkan metabolisme

Minum air dingin ternyata berpengaruh pada metabolisme tubuh. Air dingin membantu mempercepat metabolisme sekaligus menjaga suhu tubuh tetap normal.

Meredakan nyeri

Air dingin juga ampuh meredakan nyeri. Itulah sebabnya bagian tubuh yang memar atau terasa nyeri biasa dikompres dengan air dingin. Air dingin dapat memperlancar peredaran darah yang menghilangkan nyeri dan pegal-pegal.

Menenangkan

Sejumlah hasil penelitian menyebut minum air dingin membantu memperbaiki suasana hati. Sensasi air dingin yang menyegarkan merangsang otak melepaskan hormon yang menimbulkan rasa senang dan tenang.