4 Kuliner Khas Solo Cocok untuk Oleh-Oleh

Serabi khas Solo (Istimewa/Solopos FM)
08 September 2018 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Solo merupakan kota yang menjadi surga bagi pencinta kuliner. Berbagai macam kuliner nusantara maupun manca negara dijajakkan di Kota Solo, Jawa Tengah. Mulai dari jajanan tradisional hingga kue kekinian semuanya bisa ditemukan dengan mudah di Solo.

Kurang lengkap rasanya jika pergi ke kota kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) tanpa mencicipi makanan khasnya. Namun, jika cuma sehari Anda tentu tidak akan sanggup menjajal semua makanan lezat di Kota Solo. Ada baiknya Anda membawa buah tangan berupa makanan khas Solo yang terkenal nikmat.

Masih bingung menentukan makanan khas Solo yang hendak dibawa sebagai oleh-oleh keluarga di rumah? Simak rekomendasi khusus dari Solopos.com, Jumat (7/9/2018), di bawah ini:

Serabi

Serabi merupakan salah satu jajanan populer di Solo. Serabi adalah sejenis pancake yang terbuat dari campuran tepung beras, tapioka, terigu, dan santan. Kue ini dimasak dengan cara dipanggang di wajan khusus. Rasa kue ini manis dan lembut yang sangat cocok disantap sebagai teman saat minum teh.

Intip

Tak lengkap rasanya jika ke Solo tanpa mencicipi intip. Makanan yang satu ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar maupun toko oleh-oleh. Makanan ini dibuat dari kerak nasi yang dijemur kemudian digorang. Ada yang rasa manis karena ditambah karamel dan ada pula rasa gurih dengan taburan garam.

Ampyang

Makanan lain yang juga layak dicoba adalah ampyang. Makanan ini terbuat dari campuran gula merah, kacang tanah, dan jahe. Rasanya manis dan legit sangat cocok disantap sambil bercengkerama bersama keluarga.

Kue kekinian

Bagi yang tidak terlalu suka makanan tradisional jangan khawatir. Ada banyak toko yang menjajakkan roti kekinian di Kota Solo, seperti Joy Bakery. Toko roti yang beralamat di Jalan Yosodipuro no 113 Solo itu selalu menyediakan produk yang segar dan higienis.

Berbagai produk kue yang dijual di Joy Bakery diproses tanpa bahan pengawet. Semua bahan bakunya dijamin halal dan berkualitas premium. Joy Bakery menerapkan sistem dapur terbuka agar pelanggan bisa melihat proses pengolahan kue secara langsung. Tampilan dan kemasannya sangat menarik sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta. Anda tidak akan menyesal membeli roti Joy Bakery yang dibuat dari bahan premium dan berkualitas.