Cara Hitung Kebutuhan Kalori Harian Tubuh

Ilustrasi diet (Pictagram)
08 September 2018 10:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Berat badan menjadi salah satu topik yang paling sering menjadi bahasan. Mengurangi maupun menaikkan berat badan tidak bisa dilakukan secara instan. Jadi, wajar rasanya jika banyak orang merasa frustasi karena telah melakukan berbagai cara untuk mendapatkan berat tubuh ideal, khususnya bagi pelaku diet.

Prinsip menurunkan berat badan sebenarnya cukup sederhana. Yakni membakar lebih kalori daripada yang dikonsumsi. Perhitungan kalori yang masuk dan keluar mungkin sederhana. Namun, mungkin ada beberapa orang yang belum mengerti cara menghitung kalori harian yang diperlukan tubuh.

Dikutip dari Pop Sugar, Jumat (7/9/2018), untuk mengetahui kalori yang dibakar setiap hari, Anda harus paham jumlah pengeluaran energi atau total daily energy expenditure (TDEE). Caranya dimulai dengan menghitung tingkat metabolisme basal (BMR). BMR adalah kebutuhan energi minimal untuk melakukan aktivitas.

Adapun cara menghitungnya bisa dilakukan dengan mesin atau manual menerapkan rumus matematika Harris-Benediktus yang didasarkan pada berat badan, tinggi badan, usia, dan jenis kelamin.

BMR untuk wanita

BMR = 655 + (1,8 x tinggi badan dalam cm) + (9,6 x berat dalam kilogram) – (4,7 x umur dalam tahun)

BMR untuk pria

BMR = 66 (13,7 x berat dalam kilogram) + (5 x tinggi dalam cm) – (6,7 x umur dalam tahun)

Selanjutnya, kalikan jumlah BMR dengan 1,2 jika Anda tidak aktif beraktivitas. Kalikan dengan 1,375 jika melakukan olahraga ringan sekitar satu sampai tiga kali sepekan. Bagi yang melakukan olahraga ringan enam sampai tujuh kali sepekan, kalikan jumlah BMR dengan 1,55. Kalikan dengan 1,75 jika sangat aktif berolahraga. Terakhir, kalikan dengan 1,9 jika Anda melakukan olahraga dua kali sehari atau lebih. Hasilnya menunjukkan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh dalam sehari.

Misalnya Anda seorang wanita dengan bobot 80 kilogram dan tinggi badan 165 cm, maka perhitungannya adalah sebagai berikut. BMR = 655 (1,8 x 165) + (9,6 x 80) – (4,7 x 24) = 1.607,2

TDEE = 1.607,2 x 1.55 = 2.491,16

Nah, jika total energi yang dikeluarkan adalah 2.491,16 maka Anda harus mengurangi asupan hingga 500 kalori setiap hari agar bobot tubuh cepat turun. Namun, pola ini hanya sebatas panduan. Anda harus berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli gizi untuk menentukan metode diet yang tepat.