Doa Sambut Pergantian Tahun Hijriah

Ilustrasi doa (Pictagram)
10 September 2018 19:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Tak terasa, satu tahun berjalan begitu cepat. Tahun 1439 Hijriah segera berakhir. Pergantian tahun memberikan sebuah harapan baru. Doa berperan penting dalam mengarahkan harapan mendapatkan kehidupan yang jauh lebih baik.

Menjelang pergantian tahun, ada baiknya untuk memohon ampun kepada Allah atas segala dosa yang telah diperbuat selama setahun penuh. Berikut doa yang biasa di baca Rasulullah SAW di akhir tahun sebagaimana dikutip dari laman resmi Nahdhatul Ulama, Senin (10/9/2018):

Doa akhir tahun Hijriah

Artinya, "Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang. Sementara aku belum sempat bertobat. Perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu. Sementara Kau mampu menyiksaku. Engkau seru aku bertobat, namun aku melanggarnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku."

Sementara untuk menyambut awal tahun Hijriah, 1 Muharram 1440 H, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa seperti yang diajarkan Nabi Muhammad berikut:

Doa awal tahun Hijriah

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Terima kasih atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para tentaranya di tahun ini.