Kata Outbond Diganti Mancakrida, Tahu Artinya?

Ilustrasi Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Wikimedia.org)
11 September 2018 15:40 WIB Ginanjar Saputra Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLOTahukah Anda jika ada kata "mancakrida" dalam bahasa Indonesia? "Mancakrida" adalah kata dalam bahasa Indonesia sebagai arti dari kata "outbond" yang merupakan kata dalam bahasa Inggris.

Berdasarkan informasi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "mancakrida" berarti pelatihan yang memanfaatkan alam terbuka sebagai media, biasanya berbentuk permainan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter diri dan meningkatkan kerja sama antarpeserta.

Sementara itu, Penyelaras Bahasa Kompas, Nanik Dwiastuti, menjelaskan kegiatan outbond muncul kali pertama berkat pemikiran Kurt Hahn, salah seorang berkebangsaan Jerman "Istilah outbond berasal dari outward bond. Outbond adalah ide pemikiran kreatif yang dikembangkan oleh Kurt Hahn, seorang berkebangsaan Jerman," ungkapnya seperti pada tayangan Sapa Indonesia Kompas TV, Selasa (11/9/2018).

Tahukah Anda arti sebenarnya outbond? Menurut Nanik, outbond adalah kegiatan di alam terbuka yang dilakukan dengan beberapa simulasi permainan baik individu maupun keompok. Selain untuk mengisi waktu liburan, kegiatan tersebut juga bermanfaat sebagai sarana meningkatkan kebersamaan dan kekompakan tim.

Menurut Nanik, kata "outbond", berdasarkan Kamus Oxford, sebenarnya bukan berarti sebagai kegiatan. "Karena outbond adalah kata dari outward bond, dalam kamus bahasa Inggris kita tidak akan menemukan outbond dengan kegiatan luar ruang. Sementara Kamus Oxford tertera kata outward bond tapi sebagai pengertian sebagai nama organisasi yang menyelenggarakan kegiatan luar ruang. Jadi di sini kata outbond mengalami perluasan makna," lanjutnya.

Nanik menegaskan masyarakat Indonesia sebaiknya memakai kata "mancakrida" sebagai pengganti kata "outbond" karena memang sudah ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). "Dalam bahasa Indonesia, kata outbond dalam konteks kegiatan luar ruang ini sudah ada padanan katanya, yaitu mancakrida. Jika kita perhatikan, mancakrida terdiri dari bentuk terikat manca yang berarti luar dan krida yang berarti olah, tindakan, atau olahraga," pungkasnya.

Tokopedia