Ini Cara Memulihkan Kepercayaan Setelah Diterpa Perselingkuhan

Ilustrasi membangun komitmen (wifeandphrases)
12 September 2018 19:58 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Perselingkuhan bukanlah akhir segalanya. Tidak sedikit pasangan suami istri mampu memulihkan kembali rasa saling percaya dan komitmen mereka setelah diterpa prahara perselingkuhan, misalnya pasangan David dan Victoria Beckham.

Nah, bagi Anda yang ingin memperbaiki hubungan dengan pasangan, berikut beberapa cara mengatasi dan membangun kembali hubungan dengan pasangan setelah terjadi perselingkuhan, seperti dilansir dari laman Bustle, belum lama ini.

Jangan anggap perselingkuhan itu buruk

Saat mengetahui pasangan selingkuh, lari dari masalah dan mengakhiri hubungan mungkin pilihan terbaik. Tapi menurut beberapa ahli, keadaan seperti ini dapat membuat seseorang tidak bertanggung jawab dan tidak mengenali kesalahannya sendiri.  Menurut peneliti dan pakar hubungan suami istri, Kristen Mark, jika pasangan bisa melalui masa perselingkuhan, dan membangun kepercayaan kembali, mereka akan menjadi pasangan yang lebih kuat.

Mengakui kesalahan

Jika Anda berselingkuh dan menyakiti hati pasangan, sebaiknya minta maaflah pada pasangan. Walau bagaimanapun Anda telah menghancurkan kepercayaan yang diberikan pasangan kepada Anda. Akan jauh lebih baik Anda belajar bertanggung jawab atas kesalahan Anda.

Cari tahu penyebab perselingkuhan

Menurut psikolog Peggy Drexler, penting untuk mengetahui akar masalahnya atau pemicu perselingkuhan. Apakah Anda (atau pasangan) selingkuh karena merasa kesepian? Apakah Anda merasa kurangnya kepuasan seksual dari pasangan Anda? Apa pun masalahnya, cobalah untuk mencari tahu sehingga Anda dapat memahami mengapa Anda membuat kesalahan dan pada akhirnya tidak mengulanginya.

Akhiri komunikasi dengan pria atau wanita lain

Untuk memulai hubungan kembali, Anda harus benar-benar mengakhiri semua interaksi dengan selingkuhan Anda (Begitu pula sebaliknya, jika pasangan yang berselingkuh maka dia harus mengakhiri komunikasi dengan selingkuhannya).

Jangan mengungkit perselingkuhan kembali

Jangan membicarakan kembali tentang perselingkuhan. Anda dapat mengalihkan dengan hal-hal lain seperti menonton film, atau pergi keluar untuk makan bersama. Hal itu akan membuat Anda bersama pasangan merasa lebih bahagia.

Beri waktu pasangan untuk sembuh dari luka

Setidaknya perlu waktu satu tahun bagi pasangan yang dikhianati untuk merasa bahwa dia dapat mempercayai Anda lagi.

Jujur dengan diri sendiri dan pasangan

Salah satu langkah penting dalam memperbaiki hubungan adalah terbuka dan jujur. Sikap terbuka dan jujur sangat membantu Anda dan pasangan dalam membangun kepercayaan dan membantu Anda dan pasangan mengambil setiap keputusan.

Bantuan orang lain

Permasalahan yang terjadi dapat memicu pertengkaran. Jika diperlukan, Anda berdua dapat mendatangi konsultan perkawinan untuk mendapatkan bantuan.

Tokopedia