Jangan Asal Minum! Jus Buah Kemasan Tinggi Gula

Jus buah (Pictagram)
13 September 2018 08:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Gula menjadi bahan makanan tak terpisahkan dalam kehidupan. Berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari tentu mengandung gula, meskipun pada labelnya tersebut tertulis less sugar atau sugar free. Semua produk makanan olahan termasuk untuk diet mengandung gula.

Jus buah dan air kelapa dalam kemasan yang dianggap sebagai minuman sehat ternyata juga tinggi kandungan gula. Kandungan antioksidan di dalam buah memang bermanfaat bagi tubuh. Namun, manfaat tersebut tidak akan didapat dari mengonsumsi jus buah kemasan karena kandar gulanya yang tinggi.

Sejumlah peneliti dari University of Liverpool, Inggris, seperti dikutip The Health Site, Rabu (12/9/2018), mengatakan, penambahan gula dalam jus buah kemasan berisiko mengganggu kesehatan. Menambahkan gula dalam jus buah memang wajar. Namun, harus diperhatikan betul takarannya agar nutrisi alami dalam buah dapat diserap tubuh.

Gula bersifat adiktif yang efeknya lebih dahsyat daripada kokain. Mengonsumsi gula dalam jumlah yang terlalu banyak memberikan dampak negatif pada kesehatan, mulai dari obesitas, diabetes, hingga sakit jantung. Mengingat bahaya yang ditimbulkan, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga mengawasi produk jus buah yang beredar di pasaran.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu BPOM menegaskan produk susu kental manis bukanlah susu murni, melainkan minuman gula berasa susu. Sebab, jumlah gula di dalamnya jauh lebih tinggi. Teguran BPOM terhadap produsen minuman kental manis rasa susu tersebut diapresiasi oleh YLKI.

Dikutip dari Bisnis.com, Rabu (12/9/2018), YLKI berharap BPOM juga memperhatikan produk minuman kemasan lain yang berkarakter sama dengan susu kental manis, yakni sari buah atau jus. Seperti diketahui, selama ini produsen jus buah mengklaim produknya mengandung sari buah asli. Iklannya pun dibuat sedemikian rupa agar orang percaya minuman tersebut bermanfaat bagi tubuh.

Tetapi, kenyataannya jus buah dalam kemasan lebih banyak mengandung gula daripada sari buah. Padahal, minuman seperti itu sering dikonsumsi anak-anak. Hal itulah yang membuat YLKI khawatir dan meminta BPOM juga mengawasi produk jus buah kemasan.

Tokopedia