Tips Masak Sayuran Tanpa Merusak Nutrisi

Brokoli segar (Boldsky)
14 September 2018 09:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Sayur dan buah merupakan makanan sehat yang wajib dikonsumsi jika ingin memiliki fisik yang prima. Meski sangat sering dikonsumsi, masih banyak orang yang salah dalam mengolah sayur serta buah.

Memasak sayur maupun buah memang terlihat mudah. Tetapi, salah sedikit saja nilai gizi di dalamnya bakal berkurang drastis. Penurunan nilai gizi itu terjadi ketika seseorang mengupas kulit hingga cara melakukan proses masak yang salah. Nah, dihimpun dari Boldsky, Kamis (13/9/2018), berikut beberapa jenis sayur yang sering diolah dengan cara yang salah:

Brokoli

Brokoli biasanya dimasak dengan cara direbus sebelum disantap. Namun, ternyata merebus brokoli dapat menurunkan jumlah vitamin C didalamnya sekitar 22-34 persen. Itu artinya, kandungan vitamin C di dalam brokoli terbuang sia-sia dalam proses pemasakan.

Cara terbaik mengolah brokoli adalah dengan mengukus atau menumis. Proses masak yang tidak terlalu lama bakal mempertahankan 90 kadar vitamin C dan nutrisi lainnya.

Kentang

Mengupas kulit kentang sebelum direbus ternyata dapat menghilangkan nutrisi di dalamnya. Padahal, kulit kentang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Jadi, sebaiknya rebus kentang beserta kulitnya selama 15-20 menit agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga.

Kubis

Kubis mentah seringkali disantap begitu saja sebagai lalapan. Padahal, cara terbaik mengonsumsi kubis adalah dengan mengukusnya terlebih dahulu. Pastikan tidak ada bagian kubis yang kotor dan layu karena akan mengubah rasanya menjadi pahit.

Bawang

Mengonsumsi bawang mentah sangat lazim dilakukan. Namun, aromanya yang kuat biasanya tidak disukai. Jadi, banyak orang yang memilih menumisnya terlebih dahulu. Padahal, menumis bawang justru akan menurunkan nutrisi di dalamnya. Bawang mentah mengandung senyawa sulfur organik yang membantu memecah timbunan lemak dan mempercepat metabolisme tubuh.