Awas, Kebiasaan Ini Bikin Berat Badan Bertambah

Ilustrasi gemuk (jansatta)
21 September 2018 20:21 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Seringkali tanpa sadar kita melakukan sejumlah kebiasaan  yang justru membuat berat badan merangkak naik. Lalu apa sajakah kebiasaan tersebut? Dikutip dari liputan6.com, belum lama ini, berikut ini beberapa kebiasaan di malam hari yang sebaiknya dihindari jika tidak ingin punya berat badan melebihi batas.

Tidur tak cukup
Kualitas tidur ternyata menjadi salah satu faktor penyebab berat badan melonjak. Hal ini karena kurang tidur dapat memperlambat metabolisme. Akibatnya, Anda menjadi mudah merasa lapar. Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh Anda. Hal ini membuat Anda tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Alhasil, berat badan pun akan terus meningkat.

Terlalu banyak makan malam
Jika Anda beranggapan makan malam banyak dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak, hal itu salah besar. Makan malam yang terlalu berat justru akan membuat Anda kesulitan mencapai kualitas tidur yang baik. Hal ini karena ketika malam hari tubuh menjadi lebih lambat dalam mencerna makanan. Jika tidak dikurangi, makan malam dapat membuat berat badan meningkat, dan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Langsung tidur setelah makan malam
Kesalahan terbesar yang umumnya dilakukan yaitu langsung tidur setelah makan malam. Hal ini menyebabkan akumulasi lemak di dalam tubuh dan pencernaan pun tidak berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, agar berat badan tetap stabil, sebaiknya Anda menikmati makan malam satu setengah jam sebelum tidur.

Sering menikmati makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng merupakan musuh terbesar bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan. Jenis makanan tersebut dipenuhi dengan banyak kalori yang sulit untuk dibakar, sehingga berat badan pun meningkat.
Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng pun membuat Anda sulit tidur. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang dipanggang atau dikukus.

Menikmati camilan setelah makan malam
Meski sudah makan malam, bukan berarti Anda tidak akan merasa lapar kembali. Kecenderungannya adalah Anda akan mengambil camilan dan menikmatinya. Padahal, kebiasaan ini akan memasukkan kalori yang tidak diperlukan dalam tubuh.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makanan ringan seperti roti, kue kering, dan makanan manis lainnya setelah makan malam. Jika memang Anda benar-benar merasa lapar, pilihlah makanan yang lebih ringan dan sehat yaitu mengandung kurang dari 200 kalori.

Meniadakan  makan malam
Meski banyak yang mengatakan makan malam dapat membuat berat badan meningkat, bukan berarti Anda tidak melakukannya. Hal ini karena metabolisme dalam tubuh akan terus berjalan meski kerjanya melambat. Akibatnya, Anda akan menjadi lapar dan menikmati makan malam yang banyak keesokan harinya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda dapat menikmati makan malam secukupnya, tanpa harus menghindarinya.