Anda Usia 40 Tahun? Sepekan Kerja Cukup 3 Hari

Ilustrasi workaholic (Youtube)
28 September 2018 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Usia yang terus bertambah membuat fungsi tubuh melemah. Itulah sebabnya orang yang berusia di atas 60 tahun diminta berhenti bekerja dan lebih banyak beristirahat. Namun, sebenarnya seseorang semestinya mulai mengurangi aktivitas di kantor sejak memasuki usia 40 tahun.

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan peneliti dari University of Melbourne, Australia,seperti dikutip dari Health Site, Kamis (27/9/2018), menyebut produktivitas orang berusia 40 tahunan akan meningkat jika jam kerja mereka dikurangi. Penelitian ini dilakukan terhadap sejumlah pekerja berusia 40 tahun ke atas dengan melakukan serangkaian tes.

Hasilnya, para peneliti menemukan kemampuan kognitif orang berusia 40 tahun akan meningkat jika bekerja tiga hari dalam sepekan. Hasil penelitian itu memang bertentangan dengan apa yang dipercaya banyak orang. Selama ini, kebanyakan orang percaya jika bekerja selama berjam-jam meningkatkan produktivitas.

Faktanya, bekerja berlebihan justru merusak fungsi otak. Stres dan kelelahan menjadi faktor utama yang memengaruhi produktivitas seseorang. Menurut para peneliti, ketika memasuki usia 40-an, seseorang semestinya mengurangi aktivitas agar lebih rileks.

Meski demikian, bekerja sampai usia senja memang dapat membantu mempertajam daya ingat. Namun, bukan berarti Anda harus bekerja terus menerus sampai stres dan kelelahan. Berikan waktu bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat dari segala macam beban pekerjaan.

Imbangi dengan melakukan olahraga rutin agar tubuh dan pikiran lebih rileks. Dengan demikian Anda bakal tetap produktif dan sehat sampai di usia senja.