Tips Aman Berenang Bagi Wanita Haid

Ilustrasi berenang (Youtube)
29 September 2018 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Menstruasi adalah siklus rutin yang dialami para wanita setiap bulan. Nah, sayangnya kedatangan tamu bulanan ini seringkali menjadi penghalang bagi wanita untuk melakukan aktivitas fisik, seperti berenang.

Sejumlah wanita yang sedang haid biasanya memilih tidak berenang karena khawatir darah kotor bakal mencemari kolam. Selain itu, mereka juga menyangsikan kebersihan kolam renang, apalagi yang dipakai banyak orang. Beberapa hal itu seolah menjadi larangan tidak tertulis yang membuat seorang wanita malas berenang. Nah, sebenarnya bolehkah wanita yang sedang haid berenang?

Dikutip dari Pop Sugar, Jumat (28/9/2018), tidak ada yang melarang wanita haid berenang. Sejumlah wanita mungkin khawatir darah haid bakal merembes dan mencemari air kolam. Padahal, kenyataannya tidaklah demikian. Darah haid bakal berhenti saat tubuh berada di dalam air.

Aliran darah haid memang tidak akan berhenti total saat berenang. Namun, tekanan air di kolam renang bakal menghambat darah keluar. Darah bakal kembali mengalir saat tubuh keluar dari kolam. Jadi, wanita yang sedang haid bisa saja berenang tanpa memakai pembalut. Sebab, pembalut yang terkena air bakal menggembung dan melembapkan bibir vagina.

Apabila khawatir ada darah yang haid yang menetes, maka sebaiknya pakailah tampon khusus. Jika masih ragu, Anda bisa berenang saat masa haid hampir selesai. Darah biasanya mulai berhenti di hari-hari terakhir haid. Nah, itulah waktu terbaik untuk berenang.