Cara Merias Wajah Saat Pakai Lensa Kontak

Ilustrasi berdandan. (feelgoodcontacts.com)
04 Oktober 2018 19:05 WIB Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Lensa kontak di masa kini tak sekedar berfungsi mempertajam penglihatan tapi juga bisa membuat mata Anda tampak kian memsona. Jika Anda gemar menggunakan make up, pemakaian lensa kontak akan membuat riasan wajah Anda lebih sempurna.

Namun para wanita yang menggunakan lensa kontak terkadang mengalami kesulitan saat hendak memoleskan make up pada wajahnya. Tak sedikit pula wanita khawatir penggunaan make up yang kurang tepat bisa berdampak pada mata yang memakai contact lens, seperti mata menjadi merah, gatal, dan sebagainya.

Menggunakan make up sebenarnya tak sulit asalkan mengikuti panduan-panduan yang tepat. Berikut tips yang Bisnis/JIBI kutip dari Boldsky.com agar Anda tetap bisa merias wajah dan memakai lensa kontak tanpa ada masalah:

1. Kenakan lensa kontak sebelum Anda menggunakan make up

Selalu pastikan untuk menggunakan lensa kontak sebelum Anda mengaplikasikan riasan wajah. Riasan mata Anda kemungkinan akan berubah jika Anda memiliki meriah wajah lebih dulu sebelum memakai lensa kontak. Memakai lensa sebelum mengaplikasikan riasan pada wajah Anda akan membuat lensa tetap pada tempatnya.

2. Gunakan lensa kontak sehari-hari

Jika Anda adalah seseorang yang selalu meriah wajah setiap hari maka lebih baik jika Anda untuk menggunakan lensa kontak yang Anda pakai pada kegiatan Anda sehari-hari karena hal tersebut dinilai akan lebih aman dibandingkan mengenakan lensa kontak baru yang belum tentu akan cocok di mata Anda.

3. Jangan gunakan make up yang mengandung minyak di dalamnya.

Sebelum merias wajah Anda, penting bagi Anda untuk mencuci tangan Anda. Hal tersebut untuk menyingkirkan bakteri di tangan Anda yang akan menyebabkan infeksi dan iritasi pada kulit.

Ketika Anda membeli produk make up, pastikan Anda memilih eyeshadow, pensil mata, dan foundation yang tidak memiliki kandungan minyak. Produk make up yang mengandung material material dasar minyak mungkin menyebar ke mata Anda dan menyebabkan iritasi. Sebagai gantinya, Anda dapat membeli foundation yang mengandung material air.

4. Gunakan eyeliner secara hati-hati

Jika Anda memakai lensa, maka pastikan Anda menggunakan eyeliner tepat di garis air atau bulu mata karena eyeliner dapat mengotori dan merusak lensa kontak yang Anda kenakan. Saat mengaplikasikan eyeliner jangan mengaplikasikannya di dekat lensa kontak Anda untuk mencegah terjadinya infeksi.

5. Gunakan maskara yang memiliki kandungan air

Saat memakai maskara pastikan Anda memilih maskara yang mengandung air sehingga tidak luntur dan merusak lensa Anda.

6. Lepaskan lensa kontak sebelum Anda menghapus make up

Anda harus ingat untuk melepas lensa kontak Anda sebelum Anda menghapus make up di wajah Anda. Hal tersebut perlu dilakukan karena menggosok mata Anda dengan yang masih menggunakan lensa kontak dapat menyebabkan partikel makeup masuk ke lensa dapar merusak bola mata Anda.