Tips Karier: 4 Jenis Pekerjaan Cocok untuk Pribadi Sensitif

Ilustrasi guru (Huffington Post)
09 Oktober 2018 09:20 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Menemukan pekerjaan yang cocok memang tidak mudah. Itulah sebabnya banyak orang yang terus bergonta-ganti pekerjaan karena merasa tidak cocok. Sebelum memasuki dunia kerja, Anda perlu mengenali diri agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Khususnya bagi Anda yang memiliki kepribadian sensitif.

Dikutip dari Pure Wow, Senin (8/10/2018), sebuah hasil penelitian menunjukkan orang bersifat sensitif sangat responsif dengan lingkungan sekitarnya. Sifat ini memengaruhi segala aspek kehidupan seseorang, termasuk soal pekerjaan.

Pekerja lepas

Orang yang sensitif sangat cocok menjadi pegawai lepas. Pekerjaan ini tidak mengikat seseorang sehingga bisa dilakukan sesuka hati. Anda dapat mengatur jadwal sesuai secara mandiri dan memotivasi diri untuk terus berkembang. Meski demikian, Anda tetap harus bertanggung jawab dan melakukan pekerjaan tersebut secara profesional.

Guru

Menjadi pendidik yang bersifat sensitif ternyata memiliki banyak manfaat. Bekerja di bidang ini memang sangat kompetitif, namun sangat cocok bagi orang-orang sensitif. Anda bisa menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan anak didik dan membantu mereka memecahkan berbagai masalah.

Pengusaha

Perhitungan untung rugi harus dipikirkan dengan matang oleh seseorang yang tengah merintis usaha. Nah, dalam hal ini orang sensitiflah juaranya. Mereka dapat memperhitungkan sesuatu dengan cermat. Mereka juga dapat menciptakan suasana kerja yang ramah bagi para karyawan.

Pekerja bidang kreatif

Orang sensitif biasanya memiliki kreativitas yang tinggi. Pekerjaan di bidang kreatif bisa menjadi plihan tepat untuk orang yang sensitif. Adapun pekerjaan di bidang kreatif meliputi bidang desain grafis, perfilman, atau menjadi penulis lepas. Pekerjaan ini menuntut seseorang kreatif dalam berpikir.