Tahukah Anda? Ini Penyebab Cegukan

Ilustrasi cegukan (Youtube)
10 Oktober 2018 08:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda pernah mengalami cegukan secara tiba-tiba? Ya, cegukan adalah hal yang dialami semua orang. Hal ini biasanya dikaitkan dengan kebiasaan mengunyah yang terlalu cepat. Namun, apa penyebab sebenarnya dari cegukan?

Menurut Eugene Chio, asisten otolaringologi, di The Ohio State University Wexner Medical Center, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Pop Sugar, Selasa (9/10/2018), mengatakan, cegukan terjadi karena kejang di bagian otot diafragma. Otot diafragma adalah lembaran besar yang memisahkan dada dari rongga perut.

Saat terjadi kontraksi, otot menekan ke bawah dan menyebabkan tekanan negatif di rongga dada. Hal itu membuat udara mengalir paru-paru. Saat otot mengendur, sifat elastis paru-paru menyebabkan udara keluar melalui hidung.

"Apapaun yang mengganggu saraf dapat menyebabkan kejang mengganggu mekanisme kontraksi dan relaksasi normal otot diafragma terjadi cegukan," kata Eugene Chio.

Cegukan sangat normal dan dialami semua orang. Tapi, terkadang cegukan terjadi terus-menerus meski telah dilakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Cegukan paling lama terjadi selama 48 jam. Namun, bila lebih dari itu, maka cegukan bisa jadi pertanda penyakit berbahaya bersarang di dalam tubuh.

"Cegukan yang terjadi terus-menerus mungkin menjadi pertanda penyakit berbahaya. Seperti iritasi pada bagian saraf, atau penyakit lainnya yang perlu evaluasi lanjut dari dokter," sambung Eugene Chio.