Makan Setelah Olahraga, Siapa Takut?

Ilustrasi makan setelah olahraga (Todobebe.com)
26 Oktober 2018 23:15 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Olahraga merupakan cara paling ampuh membakar lemak dalam waktu singkat. Namun, setelah olahraga biasanya perut bakal terasa lapar karena banyaknya energi yang terkuras. Jika sudah begini, kebanyakan orang bakal kalap dan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Nafsu makan memang akan meningkat setelah seseorang berolahraga. Jika sudah begini, banyak orang yang memilih untuk tidak makan karena takut mengonsumsi dalam jumlah yang banyak. Sebenarnya, bagaimana cara terbaik untuk makan setelah berolahraga?

Dikutip dari Health Line, Jumat (26/10/2018), Anda tidak perlu takut atau menghindari makan setelah berolahraga. Peneliti dari American Council of Exercise justru menganjurkan orang untuk makan sekitar 30-45 menit setelah makan.

Makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga sangat penting untuk mengganti energi tubuh yang terkuras. Namun, bagi yang takut makan sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi protein dan kalsium seperti pisang, selai kacang, dan susu. Pastikan jumlah makanan berprotein yang dikonsumsi lebih banyak ketimbang karbohidrat. Dengan demikian, bobot tubuh tidak akan tetap stabil.

Anda juga sebaiknya segera melepas pakaian yang basah oleh keringat setelah berolahraga. Pakaian penuh keringat menjadi tempat tumbuhnya bakteri penyebab penyakit. Jadi, segeralah melepas pakaian tersebut untuk menghindari infeksi kulit dan penyakit berbahaya lainnya.