Dehidrasi Tanda Diabetes

Ilustrasi minum (Youtube)
31 Oktober 2018 01:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang membayangi hampir semua orang. Penyakit ini bukan hanya disebabkan oleh faktor genetik, melainkan juga dipengaruhi gaya hidup.

Diabetes tipe dua menjadi penyakit yang paling banyak dialami orang Indonesia. Penyakit ini terjadi ketika hormon insulin di dalam tubuh tidak terkontrol dengan baik. Hal ini menyebabkan kadar gula darah terus meningkat.

Sebenarnya, mendiagnosis penyakit diabetes adalah hal yang mudah. Dikutip dari Health Line, Selasa (30/10/2018), penyakit ini bisa dideteksi dengan cara mengecek darah. Saat kadar gula dalam darah tinggi, maka tubuh bakal menyingkirkannya dari perdaran darah.

Ciri lain dari orang yang menderita diabetes adalah sering merasa haus alias dehidrasi. Waspadalah jika sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Sering buang air kecil di malam hari membuat tubuh kekurangan cairan.

Selain terlalu sering buang air kecil, gejala dehidrasi juga ditunjukkan dengan bibir kering, kulit bersisik, sakit kepala, hingga urine berwarna gelap. Berbagai tanda tersebut bisa menjadi sinyal seseorang menderita diabetes. Meski demikian, Anda tetap harus melakukan pemeriksaan ke klinik kesehatan.