Bill Gates Ungkap Waktu Tepat Berikan Anak Smartphone Pribadi

Bill Gates (Reuters/Yuri Gripas)
01 November 2018 10:20 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kehidupan manusia kini tak bisa dilepaskan dari gadget. Mulai dari bangun pagi, hingga kembali menutup mata, seseorang pasti tak luput menggenggam smartphone. Sebenarnya, hal ini akan berdampak negatif jika terus-menerus dilakukan.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun mulai kecanduan menggunakan ponsel pintar untuk berselancar di media sosial dan bermain game.

Sangat penting bagi orang tua terus memeriksa waktu yang dihabiskan anak-anak untuk bermain dengan ponsel. Jika Anda bingung tentang usia yang tepat di mana orangtua harus memberikan ponsel kepada anaknya, maka ahli teknologi yakni Bill Gates memiliki jawabannya.

Sebagai orang yang ahli di bidang teknologi, ia membuat sebuah catatan. Bill Gates menekankan pada fakta yang menyatakan bahwa anak-anaknya tidak diizinkan untuk memiliki smartphone pribadi sampai usia mereka mencapai 14 tahun.

Sebagaimana diketahui, Gates memiliki tiga anak yang berusia 20, 17, dan 14 tahun. Gates memberikan aturan anaknya tidak akan mendapatkan smartphone pribadi hingga beranjak menuju sekolah menengah.

Jika metode Gates tampak terlalu ketat, maka Anda bisa mengikuti opsi kedua sesuai dengan penelitian tentang, Children & Technology: Today's Evolution of Native Digital yang diterbitkan pada 2016. Penelitian ini, menyebutkan usia rata-rata di mana seorang anak bisa mendapatkan smartphone pertamanya.

Usia 10,3 tahun menjadi waktu yang ideal bagi seorang anak mendapatkan smartphone. Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa 50 persen anak-anak sudah mendapatkan akun media sosial, seperti Facebook dan Instagram, pada usia rata-rata 11,4 tahun.

Sangat penting peran orang tua untuk mengatur waktu layar anak-anak terhadap smartphone. Mereka juga harus memastikan bahwa tidak berkompromi dengan waktu tidur mereka.

Tapi, yang sering kita lupakan adalah Anda tidak bisa meminta anak-anak untuk “tidak melakukan” sesuatu. Anak-anak akan mengikuti tingkah laku Anda. Jadi sebelum melarang sang anak bermain smartphone, yak ada salahnya untuk membenahi kebiasaan Anda terlebih dahulu.