Cermati! 3 Pantangan Diet Ini Sebenarnya Mitos

Ilustrasi diet (Pictagram)
04 November 2018 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Diet adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Butuh komitmen kuat untuk menurunkan bobot tubuh dengan menjalani diet. Selama ini, kebanyakan orang kesulitan menjalani diet karena dianggap terlalu menyiksa diri.

Maklum saja, sejumlah metode diet harus dijalani dengan penuh perjuangan. Seorang pelaku diet bahkan sampai harus menjauhi berbagai makanan favorit yang dikonsumsi demi sukses menjalankan program diet.

Padahal, sebenarnya beberapa hal yang dianggap sebagai pantangan bagi pelaku diet hanyalah mitos. Nah, apa saja mitos tentang pantangan diet tersebut? Simak penjelasannya dalam ulasan yang dihimpun dari NDTV, Jumat (2/11/2018), berikut:

Menjauhi karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari oleh pelaku diet. Namun, tidak semua jenis karbohidrat harus dihindari. Adapun jenis karbohidrat yang sebaiknya dihindari adalah yang berasal dari makanan olahan yang tidak sehat, seperti burger, permen, hingga es krim. Ingat, tubuh masih memerlukan asupan karbohidrat untuk menghasilkan energi. Jadi, sebaiknya pilihlah jenis karbohidrat sehat seperti yang terkandung di dalam sayuran serta biji-bijian.

Membiarkan tubuh kelaparan

Mitos selanjutnya adalah membiarkan tubuh kelaparan dalam kondisi lama. Padahal, melawatkan jam makan justru memperlambat metabolisme tubuh. Selain itu, kebiasaan ini juga memicu keinginan makan berlebihan.

Melupakan makanan favorit

Menjauhi makanan favorit saat menjalani diet seringkali dilakukan. Namun, sebenarnya Anda tetap bisa mengonsumsi makanan favorit dengan mengatur porsinya. Anda bisa saja melahap makanan favorit berupa junk food dan berbagai minuman manis lainnya sekali dalam sebulan. Sesekali, manjakan lidah dengan makanan lezat setelah melakukan diet dalam periode tertentu.