Tahukah Anda, Kenapa Pintu Toilet Umum Dibuat Bolong?

Ilustrasi toilet umum (Mashable)
10 November 2018 06:35 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Pernah menggunakan toilet umum? Apakah Anda memperhatikan bentuk pintu toilet umum yang tidak rapat? Mengapa toilet umum di desain terbuka di bagian atas, bawah, bahkan samping? Tahukah Anda apa alasan desain toilet umum dibuat sedemikian rupa?

Ada banyak alasan logis soal desain toilet umum yang tidak rapat. Alasan utamanya yakni untuk membuat pengguna tidak nyaman. Biasanya, pintu toilet umum dibuat lebih pendek sehingga tidak menutup bagian dalam sepenuhnya.

Mengutip Boldsky, Jumat (9/11/2018), pintu toilet umum sengaja dibuat lebih pendek untuk membantu membersihkan bagian dalamnya. Jika bagian bawah pintu terbuka, maka aliran air dapat masuk dengan cepat dan menghemat waktu pembersihan.

Jika pintu toilet kebetulan macet dan tidak bisa dibuka, maka pengguna di dalamnya bisa mendobraknya dengan mudah. Dengan demikian, Anda tidak perlu menunggu lama agar orang lain membantu membukakan pintu tersebut.

Selain itu, toilet umum sengaja didesain agak terbuka untuk menghindari perbuatan tak senonoh yang mungkin saja terjadi. Dalam sejumlah kasus, toilet umum seringkali dipakai untuk melakukan tindak asusila. Namun, dengan konsep toilet umum terbuka seperti di mal, maka hal negatif semacam itu bisa diminimalisasi.