3 Cara Pertahankan Berat Badan Setelah Diet

Ilustrasi Diet (Solopos - Whisnupaksa)
23 November 2018 05:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Menurunkan berat badan merupakan perjalanan panjang yang cukup melelahkan. Seorang pelaku diet harus mengatur pola makan dan rutin berolahraga untuk mempercepat penurunan berat badan.

Sayangnya, kebanyakan pelaku diet biasanya hanya fokus pada penurunan berat badan saja. Namun, jika bobot tubuh sudah menurun mereka biasanya kalap dan makan semua jenis makanan yang selama ini dihindari. Akibatnya, bobot tubuh kembali naik bahkan kembali seperti semula.

Lantas, bagaimana cara menjaga bobot tubuh tetap ideal setelah menjalani diet? Simak ulasan yang dihimpun dari Health Line, Kamis (22/11/2018), di bawah ini:

Hitung kalori

Kebanyakan orang hanya menghitung asupan kalori saat menjalani diet. Namun, mereka lupa menghitungnya saat program diet selesai. Padahal, menghitung asupan kalori yang masuk sangat penting untuk menjaga berat tubuh tetap ideal.

Lupakan timbangan

Kebanyakan orang yang menjalani diet biasanya sangat rajin menimbang berat badan. Cara ini memang ampuh untuk memotivasi diri agar diet berhasil. Namun, setelahnya jangan terlalu fokus pada timbangan. Lupakan angka timbangan, karena yang terpenting adalah memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Atur jam makan

Cara paling ampuh menjaga berat badan adalah dengan mengatur jam makan. Anda sebenarnya boleh makan apa saja asalkan memperhatikan jam makan. Makanlah di waktu yang sama dengan saat melakukan program diet.