Ini Perbedaan Usia Paling Ideal untuk Pasangan Suami Istri

Foto ilustrasi pria dan wanita (freepik)
26 November 2018 20:02 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Jika menyangkut soal cinta, perbedaan usia hanyalah angka. Namun, tahukah Anda sesungguhnya perbedaan usia antara dua pasangan benar-benar bisa mempengaruhi kehidupan pernikahan Anda.

Dikutip dari Times of India dan ditulis liputan6.com, belum lama ini, sebuah penelitian baru-baru ini mengaitkan antara perbedaan usia pasangan yang telah menikah, dengan peluang mereka untuk bercerai. Mungkin ini bisa menjadi dasar pertimbangan dalam mencari pasangan hidup.

Penelitian di Emory University, Atlanta, Amerika Serikat mengungkap tentang perbedaan usia yang berpotensi lebih langgeng dalam perkawinan. Data ini dikumpulkan setelah mereka mengevaluasi 3.000 peserta. Terungkap, pasangan dengan kesenjangan usia lima tahun, 18 persen lebih berisiko bercerai daripada yang hanya berbeda satu tahun yang hanya tiga persen.

Probabilitas perceraian meningkat menjadi 39 persen bagi pasangan yang memiliki perbedaan usia sebanyak 10 tahun.
Sementara, bagi mereka yang memiliki perbedaan usia hingga 20 tahun, probabilitas perceraian berada di angka tertinggi yaitu 95 persen. Studi tersebut mengatakan perbedaan usia satu tahun adalah yang paling aman untuk pernikahan yang sukses dan langgeng.

Tampaknya bukan perbedaan usia yang merupakan faktor pengatur usia pernikahan seseorang. Para ahli menyebutkan pasangan yang memiliki anak pertama mereka di luar pernikahan, 59 persen lebih kecil untuk bercerai daripada yang tidak memiliki anak.

Temuan menarik lain juga mengungkapkan, pasangan yang telah tinggal selama dua tahun, 43 persen lebih kecil kemungkinannya untuk bercerai.
Pasangan yang juga berhasil mencapai ulang tahun pernikahannya yang ke-10, juga 94 persen lebih kecil kemungkinan untuk berpisah.