Musim Hujan Tiba, Yuk Lindungi Wajah dengan Masker Tomat

Tomat - Istimewa
27 November 2018 14:30 WIB Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA – Musim hujan tiba, Anda mungkin harus mengeluarkan sedikit uang lebih untuk melindungi kulit Anda karena terjadinya perubahan cuaca.

Banyak produk kecantikan yang ditawarkan di berbagai pusat perbelanjaan, namun kandungannya belum tentu dapat memberikan efek kesehatan kulit yang Anda harapkan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit kering karena terus-terusan terkena hujan? Dengan menggunakan tomat! Menggunakan masker tomat dapat membuat wajah Anda tetap lembab dan lembut meski hujan membasahi pipi Anda.

Dilansir dari Boldsky.com, kandungan Antioksidan yang ada pada tomat dapat membantu meremajakan kulit sekaligus memperbaiki sirkulasi darah dan hal tersebut dapat menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

Berikut cara membuat masker tomat dengan mudah;

Tomat dan bubuk kunyit

Perpaduan tomat dan kunyit tidak hanya membantu menjaga kelembapan kulit Anda tetapi juga dapat membantu dalam memberikan warna kulit yang merata pada kulit Anda.

Bahan yang perlu disiapkan adalah satu buah tomat masak berukuran sedang dan 2-3 sendok teh bubuk kunyit.

Kupas tomat dan hancurkan sampai halus dan bertekstur seperti pasta masukkan dalam mangkuk dan tambahkan bubuk kunyit. Camput kedua bahan sampai merata.

Setelah jadi, oleskan masker ini secara merata di wajah Anda dan tunggu sampai kering (sekitar 20-30 menit). Setelah mengering dan dirasa keras, cuci wajah Anda dengan air hangat sampai bersih.

Tomat dan madu

Perpaduan kedua bahan alami ini dapat membuat kulit Anda menjadi lembab. Madu dianggap sebagai humektan alami yang membantu menjaga kulit agar terhidrasi dan melembabkan. Selain itu, antioksidan yang dimiliki oleh kedua bahan ini dapat meremajakan kulit.

Caranya adalah potong dan iris tomat menjadi potongan kecil. Kemudian tumbuk mereka sampai bertekstur seperti pasta. Tambahkan sekitar 2-3 sendok teh madu mentah di atas pasta tomat dan aduk sampai merata.

Oleskan di wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat. Lalu  gunakan pelembab yang Anda pakai untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tomat dan yogurt

Probiotik yang ada pada yogurt dapat membantu untuk meningkatkan tekstur kulit Anda. Yogurt juga dapat membantu melembabkan jaringan kulit sehingga membuat kulit Anda menjadi lembut dan lentur. Antioksidan yang terkandung di dalam kedua bahan ini juga berefek untuk meremajakan kulit.

Blender tomat matang dan 3 sendok teh yoghurt tawar. Oleshkan di wajah Anda dan diamkan selama sekitar 10-15 menit. Kemudian cuci bersih menggunakan air biasa.

Tomat dan minyak esensial

Minyak esensial tidak hanya dikenal karena aromanya tetapi juga karena kandungannya yang dapat meremajakan kulit sehingga sangat membantu untuk menjaga kulit tetap bergizi dan lembut dari dalam.

Hancurkan tomat dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda. Campurkan bahan dengan baik.

Oleskan masker ini pada wajah Anda dan diamkan beberapa saat (sekitar 7-10 menit) agar kulit menyerap intisari masker. Setelah dirasa cukup kering cuci dengan air biasa.

Sumber : Bisnis.com