5 Manfaat Konsumsi Kefir Bikin Langsing Hingga Cegah Kanker

Ilustrasi kefir (Live Science)
28 November 2018 02:05 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Sebagian orang tentu sudah tidak asing dengan kefir. Ya, kefir adalah minuman fermentasi asal Pegunungan Kaukasus yang membentang di wilayah Asia dan Eropa. Kefir dibuat dari ekstrak biji starter yang difermentasi dan disimpan di tempat sejuk.

Dulu, kefir dipakai sebagai obat untuk masyarakat Eropa dan Asia. Kandungan probiotik yang tinggi di dalam kefir memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Minuman berasa asam ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Mau tahu apa saja manfaat kefir? Simak ulasan yang dihimpun dari Boldsky, Selasa (27/11/2018), di bawah ini:

Melangsingkan tubuh

Kefir merupakan minuman yang cukup membantu melangsingkan tubuh. Minuman ini mengandung sejumlah bakteri baik yang membantu melunturkan lemak. Sejumlah hasil penelitian menyebut mengonsumsi kefir secara rutin setiap hari membantu melunturkan sekitar tiga sampai empat persen lemak tubuh dalam waktu enam pekan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Bakteri baik yang terkandung di dalam kefir juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi di dalamnya juga ampuh menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Mencegah kanker

Kandungan probiotik dalam kefir berperan membantu tubuh melawan serangan penyakit mematikan seperti kanker. Minuman yang kaya probiotik terbukti mampu memperlambat pertumbuhan bahkan menghancurkan sel kanker.

Mengatasi peradangan

Kefir ternyata mampu menyembuhkan alergi dan peradangan di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi kefir terbukti mengurangi gangguan saluran pernpasan. Mikroorganisme di dalamnya mencegah pembentukan lendir dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kepadatan tulang

Minuman fermentasi yang berasa asam ini juga mampu menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium di dalamnya mencegah peradangan sendi. Senyawa bioaktif di dalamnya juga menghentikan pengeroposan tulang. Bukan hanya kalsium, kefir juga mengandung fosfor, magnesium, vitamin D dan K2 yang berperan mencegah osteoporosis dan meningkatkan kekuatan tulang.