Tahukah Anda? Kapan Tubuh Paling Banyak Membakar Kalori?

Ilustrasi diet (Pictagram)
29 November 2018 09:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Tubuh sebenarnya membakar kalori sepanjang hari. Namun, ada jam-jam tertentu yang memangkas kalori lebih banyak. Nah, tahukah Anda kapan tubuh paling banyak membakar kalori?

Dikutip dari Reader's Digest, Rabu (28/11/2018), tubuh membakar kalori untuk memompa darah serta mempertahankan kinerja berbagai organ. Pembakaran kalori juga berlangsung saat sedang santai. Hasil penelitian yang dilakukan periset dari Brigham and Women's Hospital, mengungkapkan kalori lebih banyak terbakar antara pukul 14.00 siang hingga 20.00 malam. Jumlah yang terbakar pada jam tersebut sekitar 129 kalori.

Pemimpin riset tersebut, Jeanne Duffy, mengatakan, kalori terbakar mengikuti ritme alami tubuh. Riset ini sekaligus membuktikan bahwa makan di malam hari hanya menambah berat badan. Jadi, bagi yang sedang menjalani program diet harus mengatur pola makan dengan baik. Menurutnya, pola makan tidak teratur berdampak negatif pada ritmen tubuh yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Pada malam hari, kebutuhan energi tubuh sangat rendah sehingga kalori yang berlebihan kemungkinan diubah menjadi lemak. Naik turunnya berat badan sangat bergantung dengan pola makan. Jadi, bagi yang sedang diet cobalah untuk mengatur pola makan dengan baik agar bobot tubuh tidak naik secara drastis.