Jangan Malas! Ini Jenis Olahraga Cocok untuk Si Gemuk

Ilustrasi yoga (Pictagram)
30 November 2018 06:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Olahraga merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjaga kebugaran dan membentuk tubuh ideal, khususnya bagi orang gemuk. Meski sulit dilakukan, membiasakan berolahraga merupakan cara yang cukup efektif untuk menurunkan bobot tubuh.

Memulai berolahraga memang tidak mudah, apalagi bagi orang yang kelebihan berat badan. Biasanya ada rasa malas dan malu yang membuat seseorang enggan berolahraga. Padahal, membiasakan diri berolahraga bisa membuat hidup lebih bahagia dengan bonus bentuk tubuh menjadi ideal.

Tetapi, orang yang bertubuh gemuk sebaiknya tidak sembarangan melakukan olahraga. Banyaknya tumpukan lemak bisa menjadi sumber masalah jika nekat melakukan olahraga berat. Lantas, bagaimana cara olahraga yang tepat bagi si gemuk?

Dihimpun dari Very Well Fit, Kamis (29/11/2018), orang gemuk semestinya memilih jenis olahraga yang aman. Jangan melakukan olahraga dengan gerakan terlalu cepat atau nekat mengangkat beban berat karena bakal menimbulkan cedera. Olahraga low impact cocok dicoba, apalagi jika Anda tidak pernah berolahraga.

Olahraga low impact conthnya berjalan, yoga, bersepeda, renang, dan lain sebagainya yang kakinya tetap menempel di lantai. Latihan ini direkomendasikan bagi pemula atau yang mengalami masalah berat badan. Orang hamil dan mereka yang mengalami cedera saraf dan tulang juga cocok melakukan olahraga jenis ini.

Olahraga low impact sangat cocok bagi si gemuk karena mengurangi risiko cedera. Meski ringan, bukan berarti olahraga jenis ini tidak membakar banyak kalori. Olahraga jenis ini tetap efektif membakar kalori tanpa memberikan beban berat pada sendi. Jadi, mulai sekarang ayo berolahraga dan mulailah hidup sehat.