Lari Cegah Penuaan

Ilustrasi jogging (The List)
01 Desember 2018 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Berlari di pagi hari semabri menghirup udara bersih terasa sangat menyegarkan. Lari di sore hari saat cuaca cukup cerah juga membuat badan sehat dan bugar. Sebab, lari sangat bermanfaat memperkuat tulang dan otot.

Menariknya lagi, lari juga diklaim memperlambat penuaan. Penelitian yang dilakukan tim dari Leipzig University, Jerman, mengungkapkan segudang manfaat berlari bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Dikutip dari The Independent, Jumat (30/11/2018), periset membandingkan efek latihan daya tahan (endurance), olahraga interval intensitas tinggi (HIIT), dan latihan resistensi.

Riset tersebut dilakukan selama enam bulan kepada 266 orang. Partisipan diminta melakukan tiga sesi latihan fisik dalam sepekan dengan memilih salah satu metode olah tubuh. Semua partisipan tersebut bukanlah orang yang aktif berolahraga.

Latihan daya tahan dalam riset tersebut dilakukan dalam bentuk olahraga lari jarak panjang. Sementara latihan intensitas tinggi dilakukan dengan pemanasan diikuti lari interval. Sedangkan latihan resistensi dilakukan dengan berbagai latihan, seperti crunch, leg curls, dan chest presses.

Tak lupa, peneliti mengambil sampel sel darah putih partisipan di awal dan akhir periode riset. Hasilnya, sel darah putih yang melakukan latihan daya tahan dan interval intensitas tinggi mengalami peningkatan yang jauh lebih baik.

Hasil itu berbanding terbalik dengan orang yang melakukan latihan resistensi atau sama sekali tidak berolahraga. Pemimpin penelitian tersebut, Ulrich Lauds, mengatakan, partisipan yang melakukan latihan daya tahan dan olahraga tinggi lebih bugar.

"Latihan daya tahan dan intensitas tinggi menyerupai perjalanan panjang seorang pengembara yang tidak akan berakhir. Jadi, rutin melakukan latihan tersebut membuat tubuh semakin bugar dan awet muda," kata Ulrich Lauds.

Selain itu, lari juga terbukti membakar banyak kalori. Jadi, bagi yang sedang diet cobalah untuk menyediakan waktu untuk berlari minimal 15 menit setiap hari. Aktivitas yang ringan ini tidak akan membuat tubuh kelelahan, namun membakar banyak lemak.