Tahukah Anda? Begini Asal-Usul Kotak Makan

Ilustrasi kotak makan (Pictagram)
02 Desember 2018 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kotak bekal untuk membawa makanan bukan hanya identik dengan anak-anak saja. Sejumlah orang dewasa pun memanfaatkannya untuk membawa makanan ke tempat kerja. Selain lebih hemat, makanan yang dibawa dari rumah jelas lebih bersih dan bergizi.

Meski seringkali dipakai, masih banyak orang yang tidak tahu asal-usul kotak makan. Nah, tahukah Anda bagaimana awal mula terciptanya kotak makan? Dikutip dari The Daily Meal, Sabtu (1/12/2018), pemakaian kotak bekal sebagai wadah makanan telah dimulai sejak awal 1900-an.

Pada mulanya, kotak makan hanya dimiliki pekerja pabrik di Amerika Serikat. Mereka membawa bekal makanan karena tidak bisa pulang ke rumah untuk makan siang. Lunch box tersebut biasanya diisi beraneka makanan seperti telur rebus, sayuran, daging, kopi, dan kue.

Dulu, bentuk lunch box tidak kotak seperti yang banyak dipakai saat ini. Wadah bekal makanan pada awalnya berbentuk tabung yang dibuat dari logam. Sekilas bentuknya mirip rantang, namun lebih tinggi. Wadah bekal ini menjadi simbol status sosial kalangan pekerja. Bukan hanya makanan, para pekerja juga memanfaatkan tabung tersebut sebagai wadah tembakau.

Dikutip dari laman Lunch Box, model kotak makan para pekerja bergantung pada kemampuan finansial. Orang-orang kaya menggunakan kotak kayu mewah. Sementara mereka yang tidak mampu biasa membawa kotak atau kaleng biskuit daur ulang. Kaleng biskuit daur ulang ini muncul pada tahun 1800-an.

Selanjutnya, beredar produk kotak logam sekitar tahun 1850-an. Paten untuk kotak makan ini muncul sekitar 1860-an. Pada perkembangan selanjutnya muncul termos vakum pada 1904 yang juga dipakai untuk membawa bekal makan siang. Termos yang dapat menyimpan minuman panas atau dingin menjadi komponen umum dari kotak makan siang.

Seiring kemajuan zaman, kotak makan diproduksi menggunakan berbagai bahan. Biasanya, produk tersebut dibuat dari plastik atau vinil. Penggunaan plastik sebagai bahan dasar pembuat kotak makan siang kali pertama muncul pada 1960-an. Kotak makan siang dari plastik inilah yang biasa dipakai oleh anak-anak membawa bekal ke sekolah.

Kini, fungsi dari kotak makan masih sama, namun tidak dipakai sebagai simbol status sosial. Bentuk kotak makan pun kini sangat beragam. Aneka kotak makan unik bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko fisik maupun online.

Salah satu jenis yang paling banyak diminati adalah kotak makan Tupperware terbaru. Produk tupperware banyak dicari karena awet dan bisa ditukarkan kembali jika rusak. Berbagai produk kotak makan tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di kumpulan online shop terpercaya, Tokopedia.

Selain kotak makan, Tokopedia juga menjual aneka perabot rumah tangga yang Anda butuhkan. Hanya dengan membuka situs Tokopedia, Anda bisa membeli berbagai barang yang dibutuhkan. Mudah bukan? Tunggu apalagi, belanja ini itu #MulaiAjaDulu di Tokopedia.