Tahukah Anda? Ini Penyebab Sakit Kepala Setelah Makan

Ilustrasi sakit kepala (Youtube)
02 Desember 2018 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Sakit kepala setelah makan memang biasa terjadi. Apalagi jika Anda terlambat makan. Maka, sakit kepala bisa muncul secara tiba-tiba. Sebenarnya ada berbagai hal yang menyebabkan sakit kepala muncul.

Tahukah Anda apa saja penyebab munculnya sakit kepala setelah makan? Dikutip Live Science, Sabtu (1/12/2018), terlalu banyak mengonsumsi makanan manis membuat tubuh terasa lesu serta menimbulkan sakit kepala. Hal itu terjadi karena kadar gula darah naik, namun tiba-tiba turun drastis. Pada sebagian orang hal tersebut menimbulkan hipoglikemia yang menyebabkan pusing, lemah, dan gemetar.

Selain manis, makanan yang terlalu asin juga memicu sakit kepala. Makanan asin berkadar garam tinggi seperti mi instan, sosis, meningkatkan volume darah. Sehingga dibutuhkan lebih banyak ruang di pembuluh darah. Pembesaran pembuluh darah itulah yang menyebabkan sakit kepala.

Penyebab lain yang memicu sakit kepala adalah adanya bahan tambahan pangan seperti monosodium glutamat (MSG) atau alkohol. Bahan tambahan banget tersebut meningkatkan aliran darah ke otak secara tiba-tiba yang memicu migrain.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit kepala yang muncul tiba-tiba setelah makan. Hal tersebut bisa diatasi dengan mengatur pola makan. Jangan sampai terlambat makan dan pastikan makanan tersebut bergizi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Namun, jika sakit kepala terlanjur menyerang, cobalah minum air hangat dan memijat bagian tengkuk. Cara ini dapat meredakan sakit kepala dengan cepat. Tapi, jika sakit kepala tidak teratasi dengan cara itu, minumlah obat pereda