Ramuan Herbal Pereda Flu dan Batuk

Ilustrasi minuman jahe (Pictagram)
02 Desember 2018 22:40 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Perubahan musim seringkali membuat daya tubuh menurun. Flu dan batuk menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami saat musim hujan datang. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh.

Jadi, orang yang terkena flu biasanya mudah lemas dan terasa tidak bertenaga. Jangan panik jika flu dan batuk datang menyerang secara tiba-tiba. Anda bisa mengobati penyakit ini tanpa obat kimia, melainkan ramuan herbal.

Ya, ramuan herbal yang terbuat dari jahe, lemon, dan madu dipercaya cukup ampuh meredakan flu serta batuk. Mengapa demikian? Dikutip dari Boldsky, Minggu (2/12/2018), jahe mengandung senyawa kimia berupa gingerol, zingerone, dan shogaol, yang berfungsi meredakan sakit tenggorokan. Jahe juga mengandung bahan alami yang menghangatkan tubuh.

Sementara lemon mengandung vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lemon bersifat antibiotik, antibakteri, dan antivirus yang mampu menangkal flu serta batuk. Sedangkan madu merupakan bahan alami yang berkhasiat meningkatkan sistem imun.

Jika digabungkan, ketiga bahan alami tersebut memicu pelepasan lendir melalui saluran udara. Ramuan herbal ini juga menggambat pembentukan lendir dan menghangatkan tubuh. Obat ini juga mampu menjaga kebugaran tubuh selama musim hujan.

Cara membuat ramuan herbal ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan jahe, air perasan jeruk lemon, segelas air, dan dua sendok makan madu. Rebus potongan jahe dengan air sampai mendidih. Campurkan air perasan jeruk lemon dan tambahkan madu. Minum ramuan herbal tersebut setiap hari sampai flu dan batuk reda.