Jangan Digaruk! Begini Cara Mengatasi Gigitan Nyamuk

Ilustrasi bekas gigitan nyamuk di kulit (Quora.com)
06 Desember 2018 00:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Gigitan nyamuk biasanya menimbulkan rasa gatal dan bekas membentol di kulit. Gatal dan panas yang terasa di kulit akibat gigitan nyamuk biasanya memicu seseorang untuk terus menggaruk. Bahkan, tanpa terasa kulit bakal teriritasi karena terus menerus digaruk.

Menggaruk kulit yang gatal memang terasa nyaman. Tapi, akibatnya kulit bakal memunculkan bercak kemerahan yang mengganggu penampilan. Daripada menggaruk, ada cara lain yang cukup ampuh untuk menghilangkan rasa gatal dan bekas gigitan nyamuk. Mau tahu? Simak ulasan yang dihimpun dari Telegraph, Rabu (5/12/2018), di bawah ini:

Cuci dengan sabun

Segera cuci area tubuh yang digigit nyamuk dengan air dan sabun agar rasa gatalnya hilang. Jika perlu, cuci dengan air hangat untuk mematikan kuman dan menghilangkan air liur nyamuk penyebab gatal. Jika gatal masih terasam kompres kulit dengan es batu. Pastikan Anda tidak menggaruk kulit yang gatal terkena gigitan nyamuk tersebut.

Oleskan balsam atau krim penghilang gatal

Bagi yang ingin lebih praktis, oleskan balsam atau krim penghilang gatal di bekas gigitan nyamuk. Anda juga bisa mengoleskan losion yang mengandung vitamin E untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang kemerahan.

Oleskan lidah buaya

Lidah buaya dan madu juga cukup ampuh menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Selama ini, kedua bahan alami tersebut sering dimanfaatkan untuk mengatasi kulit gatal akibat iritasi. Lidah buaya dan madu memiliki zat khusus dan pelembap yang ampuh menghilangkan gatal dan bercak merah di kulit akibat gigitan nyamuk.