3 Makanan Ini Bikin Perut Cepat Kenyang

Ilustrasi salad sayuran sehat (Pictagram)
12 Desember 2018 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kebanyakan orang Indonesia biasanya merasa belum kenyang jika tidak mengonsumsi nasi. Padahal, nasi merupakan sumber karbohidrat yang jika dikonsumsi berlebihan menyebabkan lonjakan gula darah. Bahkan, orang seringkali merasa cepat lapar lagi meski sudah makan nasi dalam jumlah banyak.

Padahal, sebenarnya mengonsumsi nasi dalam jumlah yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Selain meningkatkan gula darah, nasi juga membuat berat badan bertambah. Padahal, ada makanan lain yang membuat perut cepat kenyang tanpa khawatir berat badan bertambah.

Mau tahu jenis makanan apa saja yang cepat mengenyangkan? Simak ulasan yang dihimpun dari Live Strong, Selasa (11/12/2018), di bawah ini:

Makanan berprotein

Makanan berprotein tinggi seperti tahu, tempe, dan ikan, membuat perut cepat kenyang. Sejumlah ahli gizi menyebut makanan tinggi protein meningkatkan produksi hormon leptin yang membuat perut kenyang lebih lama. Protein juga lebih mudah dicerna daripada karbohidrat sehingga tidak akan bertumpuk menjadi lemak di dalam tubuh.

Makanan berserat

Makanan kaya serat seperti sayur dan buah juga mampu mengendalikan rasa lapar. Makanan ini memperlambat proses pencernaan sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Makanan tinggi serat juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga gula darah tetap stabil. Adapun contoh makanan berserat adakag kacang-kacangan, alpukat, buah beri, buah pir, serta brokoli.

Makanan berlemak sehat

Makanan yang kaya dengan lemak sehat juga membuat rasa kenyang bertahan lama. Makanan ini bisa dijadikan camilan sehat yang membantu menurunkan berat badan. Jika sedang diet, cobalah makan kacang-kacangan serta daging ayam bagian dada yang rendah lemak sehingga bobot tubuh tidak akan bertambah.