Kacang Camilan Paling Baik Bagi Pelaku Diet

Ilustrasi kacang pistachio (Pictagram)
12 Desember 2018 02:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kacang-kacangan mengandung nutrisi penting yang sangat diperlukan tubuh. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung lemak sehat yang dapat mengenyangkan perut dengan cepat. Dengan kata lain, kacang-kacangan merupakan camilan sehat yang sangat layak dikonsumsi pelaku diet.

Hasil penelitian terbaru yang disampaikan dalam Scientific Sessions 2018 seperti dikutip dari Medical Daily, Selasa (11/12/2018), kacang sangat memengaruhi hasil diet. Penelitian pertama menjelaskan, mengonsumsi seporsi kacang-kacangan mengurangi risiko bertambahnya berat badan.

"Kebanyakan orang menganggap kacang-kacangan sebagai makanan tinggi lemak dan kalori. Sehingga mereka menyebutnya sebagai makanan yang tidak sehat. Namun, pada kenyataannya kacang jauh lebih sehat ketimbang camilan khusus diet," kata pakar nutrisi dari Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Peliti menyebut mengonsumsi satu ons kacang lebih baik ketimbang kudapan lain, seperti keripik kentang atau singkong. Sebab, kedua camilan selain kacang tersebut bakal menambah berat badan jika terlalu sering dikonsumsi.

Sementara penelitian kedua dari San Diego State University, Amerika Serikat, menjelaskan mengonsumsi kacang membantu menstabilkan kadar gula darah. "Kacang-kacangan mampu mencegah diabetes dan meningkatkan berat badan," kata peneliti bernama Mee Young Hong.

Kacang terbaik yang cocok dikonsumsi pakar diet adalah pistachio yang tinggi protein, serat, dan lemak sehat. Selain itu, kacang pistachio juga mengandung zat besi, dan berbagai mineral penting seperti magnesium dan selenium.