SOLOPOS.COM - Ilustrasi pekerjaan sampingan (Lifepal)

Solopos.com, JAKARTA-Selain memiliki pekerjaan utama, banyak orang juga memiliki pekerjaan sampingan. Mereka menjalankan kedua-duanya dengan baik sehingga kehidupan mereka pun lebih baik.

Sebagian orang memang mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Tapi tidak jarang pula yang memiliki pekerjaan sampingan sekaligus menyalurkan hobi.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Berikut ini beberapa ide pekerjaan sampingan yang mungkin berguna, seperti dikutip Solopos.com dari Lifepal, Selasa (31/1/2023)

1. Menjadi reseller produk

Salah satu kerja sampingan yang fleksibel namun menghasilkan keuntungan yang lumayan adalah menjadi reseller produk.

Ada banyak jenis produk yang menawarkan sistem reseller maupun dropship untuk memperluas pemasaran mereka.

Buku, produk kosmetik, skincare, tas, pakaian hingga parfum adalah produk-produk yang biasanya menggunakan jasa para reseller untuk menjangkau konsumen mereka.

Carilah supplier yang mampu menjual produk dengan harga murah kemudian jual kembali melalui marketplace atau sosial media.
Menjadi reseller produk telah terbukti sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Tidak jarang diantara mereka yang sukses di bisnis ini malah akhirnya menjadi pekerjaan utama dan membuat produk sendiri.

Simak juga cara menjadi dropshipper yang sukses dan banyak uang di artikel Lifepal.

2. Membuka jasa titip

Meskipun sudah marak marketplace dan seller di media sosial, namun ternyata peluang bisnis jastip masih menjanjikan.

Saat ini, produk yang dijual secara online juga bisa dijastip, lho? Kok, bisa? Bukankah pembeli bisa melakukan pembelian sendiri di toko online yang bersangkutan?

Banyak toko online yang membuka sistem open order dengan harga khusus, di mana pembeli harus cepat-cepat untuk membelinya jika tidak ingin kehabisan.

Masalahnya, tidak semua orang punya waktu yang banyak untuk memantau kapan toko tersebut akan mulai menjual produknya.

Nah, inilah yang dapat dijadikan sebagai peluang bisnis untuk pemula di mana kamu bisa berperan sebagai penyedia jastip.

3. Menjadi penulis freelance

Penulis freelance masih menjadi profesi yang menguntungkan, bisa dilakukan di mana saja dan peluangnya masih akan terus ada.

Jika kamu tertarik dengan profesi ini, kamu bisa mengunjungi daftar situs berikut ini untuk mencari klien yang membutuhkan jasamu:

Freelancer.co.id
Projects.co.id
Fastwork
Fiver
Sribulancer dan masih banyak lainnya

Meskipun saat ini sudah banyak program kecerdasan buatan untuk menulis artikel seperti ChatGPT yang baru-baru ini viral, kamu sebaiknya tidak terlalu mengkhawatirkan hal ini.

Kebanyakan program tersebut tidak otomatis bisa membuatkan artikel yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, perusahaan tetap saja membutuhkan seseorang untuk menulis artikel yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Justru, kamu bisa memanfaatkan berbagai program kecerdasan buatan tersebut untuk membantu kamu menulis agar lebih efisien dan praktis.

4. Menjadi desainer grafis freelance

Sejalan dengan profesi writer, desainer juga masih cukup tinggi kebutuhannya seiring dengan semakin pentingnya social media presence bagi perusahaan maupun bisnis secara umum.

Bagi kebanyakan perusahaan, menyewa jasa freelance desainer grafis lebih menguntungkan karena kebutuhan mereka yang mungkin tidak terlalu banyak sehingga lebih efisien jika dikerjakan oleh orang lain di luar perusahaan.
UMKM juga banyak membutuhkan jasa desainer grafis untuk mendukung pemasaran mereka di media sosial.

Ini dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang desain.

5. Menjadi seorang data entry

Ide kerja sampingan yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menjadi seorang data entry freelance.

Secara umum, pekerjaan ini tidak membutuhkan kualifikasi khusus, hanya membutuhkan seseorang yang teliti dan bisa mengoperasikan program pengolah angka seperti Excel.

Jenis pekerjaan ini pun beragam. Selain menginput data, ada juga perusahaan maupun lembaga pemerintah yang menyewa jasa untuk menulis transkrip pembicaraan seperti transkrip wawancara.

Yup, menulis transkrip dari rekaman suara juga menjadi profesi yang menjanjikan belakangan ini.

Meski demikian, klien biasanya memberikan deadline yang ketat sehingga kamu perlu menyesuaikan dengan baik jadwal kerja kamu.

6. Menjual foto di internet

Buat kamu yang suka sekali dengan dunia fotografi, menjual koleksi foto kamu ke internet bisa sangat menguntungkan, lho.

Bahkan, penghasilan dari menjual foto bisa mencapai puluhan juta perbulannya jika kualitas fotonya bagus dan banyak yang terjual.

Ada beberapa situs yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual foto diantaranya:

Shutterstock
Fotolia
Dreamstime
iStockphoto
FreeDigitalPhotos
Bigstockphoto
DemandMedia
Redbubble
Shutterfly
Etsy
Masing-masing situs jual beli foto tersebut menawarkan harga yang berbeda untuk foto yang diupload, tergantung dari kualitas dan keunikannya.

7. Membuka jasa digital agency

Banyak pekerja kreatif yang mengambil kerja sampingan dengan mendirikan digital agency untuk klien menengah dan besar.

Mereka biasanya membentuk tim dalam jumlah kecil yang terdiri dari writer, fotografer dan desainer.



Keunggulan dari bisnis digital agency ini adalah tidak membutuhkan modal yang besar dan kamu bisa belajar sambil dibayar.

Untuk awal-awal, tidak perlu menargetkan klien yang besar-besar. Fokus pertama kamu adalah membangun portfolio sebanyak-banyaknya sehingga kamu sudah siap jika mendapatkan klien besar.

Bukan hanya korporasi, pemerintah juga banyak lho menggunakan jasa digital agency. Lembaga pemerintah biasanya membutuhkan jasa digital agency untuk mengelola akun media sosial, membuat video sosialisasi atau membuat aset digital untuk keperluan event.

8. Menjual aneka kue

Bisnis menjual kue juga tidak kalah menariknya untuk dijadikan kerja sampingan demi menambah penghasilan.

Kamu bisa menentukan terlebih dahulu jenis kue apa yang ingin dijual, apakah kue yang ukurannya kecil untuk jajanan pasar atau kue yang besar untuk acara seperti ulang tahun.

Beberapa ide bisnis terkait dengan aneka kue ini antara lain:

Soft Cookies
Lotus Biscoff Dessert Box
Kue Balok Lava
Kue Pukis
Kue Nagasari
Kue Dadar Gulung, dan masih banyak lainnya.

9. Jasa freelance penerjemah

Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan bahasa asing seperti Sastra Inggris, Sastra Jepang atau Sastra Mandarin, manfaatkan keahlian kamu untuk menjadi seorang penerjemah freelance.

Profesi ini masih sangat dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen, surat kabar, jurnal, buku, artikel bahkan film.



Kerja sampingan ini cukup menarik karena bayarannya lumayan besar dan proses pengerjaannya pun tidak memakan waktu lama. Seiring kamu sering menerjemahkan, maka kemampuan kamu pun akan bertambah.

Pertimbangkan untuk mengambil sertifikasi penerjemah tersumpah dari Himpunan Penerjemah Indonesia agar kamu bisa mendapatkan proyek-proyek penerjemahan besar.

10. Agen properti

Menjadi agen properti dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan karena pekerjaan ini menawarkan komisi besar. Untuk setiap rumah yang terjual, kamu bisa mendapatkan komisi hingga 1 persen, lho.

Misalnya harga rumah adalah Rp500 juta, untuk setiap rumah yang bisa kamu jual, kamu akan mendapatkan komisi sebesar Rp5 juta. Lumayan, bukan? Belum lagi ada bonus-bonus tambahan jika mencapai target tertentu.

Namun, kamu perlu memperhatikan waktu karena pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk bertemu dengan klien atau meninjau lokasi.

Itulah beberapa tips kerja sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan. Semoga bermanfaat, ya.

Tips dari Lifepal! Melakukan kerja sampingan memang bagus untuk menambah penghasilan kamu. Tetapi, jangan sampai mengganggu prioritas kamu di perusahaan, ya.

Dan yang terpenting, kelola keuangan dengan baik agar kamu bisa mencapai tujuan-tujuan finansial yang ingin diraih.

Jangan lupa untuk memiliki proteksi finansial dengan memiliki asuransi kesehatan yang dapat mengcover biaya berobat kamu saat sakit.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya