SOLOPOS.COM - Ilustrasi nasi putih rendah kalori (Boldsky.com)

Solopos.com, SOLO — Secara umum nasi putih adalah makanan penuh nutrisi. Nasi putih bisa menjadi sumber energi harian karena kandungan karbohidrat tinggi.

Makanan ini juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti serat, protein, magnesium, dan zat besi. Tetapi, nasi putih termasuk makanan yang mengandung indeks glikemiks tinggi sehingga mengonsumsi nasi putih terlalu banyak dapat menyebabkan kadar gula meningkat.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Bagi orang-orang yang diet sehat, biasanya akan menghindari menyantap nasi putih. Mereka akan mengganti nasi putih dengan makanan lain. Tetapi, ada hal yang harus menjadi catatan bagi Anda apabila ingin mengganti nasi putih dengan makanan lain.

Tubuh Anda tetap butuh asupan dari karbohidrat. Tak hanya sekadar membatasi asupan karbohidrat, tetapi juga perlu memperhatikan jenis karbohidrat yang dikonsumsi.

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip Solopos.com dari laman resmi ners.unair.ac.id, Selasa (6/9/2022), karbohidrat kompleks direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat. Hal ini karena proses pencernaan karbohidrat kompleks lama sehingga membuat kenyang lebih lama.

Baca Juga : Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Hal yang tak kalah penting adalah kebutuhan energi masih terpenuhi meski mengonsumsi karbohidrat selain nasi. Jadi, jika Anda sedang menjalani program diet bisa mengganti nasi putih dengan beragam jenis makanan alternatif lain yang tetap enak, bernutrisi, dan bergizi.

Nah, berikut ini rekomendasi makanan sehat pengganti nasi putih yang dikutip Solopos.com dari laman resmi Frisian Flag:

1. Shirataki

Bentuk makanan pengganti nasi ini seperti mie. Shirataki terbuat dari glucomannan yang asalnya dari tanaman konnyaku. Shirataki banyak dikonsumsi masyarakat Jepang karena rendah kalori atau sekitar 85 gram kalori pada setiap porsinya.

2. Kentang

Sama seperti nasi putih, kentang adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Jenis umbi ini mengandung serat tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Anda bisa mengolah kentang menjadi berbagai jenis makanan sesuai selera sebagai pengganti nasi saat menjalani diet sehat.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Batas Konsumsi Nasi Putih Biar Nggak Bikin Gemuk

3. Jagung

Kandungan kalori rendah pada jagung membuat tanaman pangan ini bisa menggantikan nasi putih saat Anda menjalani diet sehat. Selain rendah kalori, jagung juga mengandung vitamin B dan B6. Biji-bijian jenis ini juga kaya akan serat dan sumber energi.

4. Nasi merah

Sumber karbohidrat dari nasi merah lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih. Selain itu, nasi merah mengandung vitamin B6, zinc, dan zat besi. Anda bisa mengonsumsi nasi merah seperti saat memakan nasi putih. Perlu diingat, memasak nasi merah membutuhkan air yang cukup banyak agar ketika matang tidak keras.

5. Ubi jalar

Pilihan pengganti nasi putih berikutnya saat Anda menjalani diet sehat adalah menyantap ubi jalar. Makanan ini mengandung karbohidrat, rendah kalori, dan protein. Untuk mengonsumsi ubi jalar, Anda dapat memasaknya dengan teknik rebus, kukus, maupun goreng.

Baca Juga : Kenapa Sudah Olahraga dan Diet tapi Berat Badan Tidak Turun?

6. Singkong

Singkong adalah bahan makanan tradisional Indonesia yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, baik makanan berat maupun camilan. Umbi-umbian satu ini bisa jadi alternatif sumber karbohidrat. Kandungan kalori singkong tak jauh berbeda dari nasi putih.

7. Kembang kol

Jenis sayuran ini juga bisa Anda pilih sebagai alternatif pengganti nasi saat menjalani diet sehat. Kembang kol mengandung karbohidrat dan kalori yang lebih rendah daripada nasi putih.

Anda bisa mengolah nasi dengan kembang kol. Caranya memotong bagian bunganya lalu diparut dan dikukus selama 5 menit.

Baca Juga : Pakar Gizi Tak Anjurkan Diet Vegan untuk Anak Usia di Bawah Dua Tahun

8. Brokoli

Sama halnya dengan kembang kol, brokoli juga bisa menggantikan nasi putih karena rendah kalori. Selain mengandung vitamin C, brokoli juga mengandung serat. Anda dapat mengonsumsi brokoli dengan dikukus atau direbus.

9. Kubis

Makanan pengganti nasi putih yang satu ini memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang cukup rendah. Kubis memiliki rasa yang cenderung ringan dan bisa disajikan bersama sayur-sayuran ataupun lauk lain. Kandungan vitamin K pada kubis bisa mencukupi 68% kebutuhan harian tubuh.

10. Risoni

Risoni atau orzo adalah makanan sejenis pasta yang bentuk, tekstur, dan ukurannya mirip nasi. Risoni berasal dari gandum utuh sehingga mengandung lebih banyak serat dan protein dibandingkan risoni biasa.

Baca Juga : Diet dengan Minum Air Putih, Aman Bagi Kesehatan?

Memasak risoni membutuhkan waktu dan suhu yang tepat agar teksturnya tidak lembek. Makanan ini bisa menjadi sumber karbohidrat dan serat yang bagus bagi orang yang diet sehat.



Nah, itu tadi rekomendasi makanan yang bisa menjadi pengganti nasi putih selama Anda diet sehat. Jadi silahkan mengatur jenis makanan dan pola makan Anda agar diet yang sehat berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya