SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Mulai melangkah ke dunia kerja adalah hal baru bagi Anda. Banyak hal yang bisa Anda lakukan agar karier berjalan lancar dan sukses.
Dan, apa pun pilihan karier Anda nantinya, coba lakukan beberapa langkah berikut supaya makin yakin akan jalur karir yang dipilih.

Fokus pada pengalaman

Menurut Joel Garfinkle, pendiri laman Dream Job Coaching, cobalah mengulas kembali pencapaian karier Anda selama ini.

Fokuslah pada pengalaman yang mengajarkan Anda pelajaran penting dan membantu Anda untuk mempelajari keahlian baru.

Saat Anda menganalisa perjalanan karier tersebut, maka akan lebih mudah untuk mengetahui keadaan karier Anda saat ini dan menentukan apa yang nantinya akan Anda lakukan.

Buatlah rencana

Dengan membuat rencana, artinya Anda menentukan tujuan. Jika tujuan Anda sudah jelas, maka perkembangan karier Anda pun akan semakin jelas.

Tanyakan beberapa hal kepada diri Anda sendiri untuk bisa memperjelas tujuan, seperti seberapa besar tanggung jawab yang Anda inginkan, apa yang ingin Anda capai dalam perusahaan, tipe lingkungan kerja seperti apa yang bagi Anda terasa nyaman, dan bagaimana juga tentang gaji.

Menurut Sara LaForest, seorang konsultan karier seperti dikutip CareerBuilder, ketika Anda menentukan tujuan, lihat gambaran besarnya dulu. Setelah itu, baru Anda lihat tujuan tersebut dalam detail yang lebih terperinci.

Evaluasi ulang

Jangan lihat perjalanan karier Anda sebagai satu jalan lurus, karena bisa saja jalan untuk berkelok-kelok, bahkan terpaksa memutar arah.

Karena itu, ketika Anda menjalaninya, selalu lakukan evaluasi ulang. Apakah tujuan Anda sudah tercapai, apa yang Anda rasa masih kurang, dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan.

Evaluasi ulang juga perlu dilakukan jika Anda merasa perlu ada penyesuaian dalam tujuan atau justru Anda ingin melakukan perubahan. (Kabar24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya