SOLOPOS.COM - Ilustrasi konsumen berbelanja di toko ritel. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Diperingati pada hari ini Senin, 4 September 2023, berdasarkan cerita sejarahnya, Hari Pelanggan Nasional ternyata diresmikan oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Di 2023, Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) mengusung tema Melayani Pelanggan di Era AI. Mengutip keterangan di laman Haripelanggan.com, tema tersebut diambil sebagai wujud apresiasi terhadap pelanggan dengan pemimpin perusahaan akan memberikan keteladanan dalam melayani pelanggan di tengah era Artificial Intelligence (AI).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pada hari istimewa ini, biasanya berbagai perusahaan akan memberikan promo menarik dan pelayanan istimewa bagi para pelanggannya.

Berdasarkan sejarahnya, Hari Pelanggan Nasional yang diperingati pada 4 September 2023 awalnya dicetuskan oleh CEO Frontier Group Handi Irawan D. Banyak yang mendukung ide ini, hingga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meresmikannya pada 4 September 2003.

Meski dicetuskan oleh Frontier Group, Hari Pelanggan Nasional ini bukan hanya milik perusahaan tersebut maupun swasta dan BUMN, melainkan milik nasional. Setiap perusahaan diharapkan dapat belajar tentang esensi dari Harpelnas, yang merupakan cetusan dari sebuah pemikiran dan pengalaman bertahun-tahun memahami tingkah laku berbagai perusahaan di Indonesia. Tujuannya, agar dapat tercipta ekosistem dimana pelanggan puas, pelanggan loyal, perusahaan maju dan akhirnya negara pun maju.

Tujuan dengan adanya Hari Pelanggan Nasional ini diharapkan pemimpin perusahaan bisa melayani dengan hati dan mendengarkan keluhan masyarakat atau pelanggan, pemimpin juga bisa memposisikan diri sebagai pelanggan dengan blusukan.

Setelah mengetahui sejarah Hari Pelanggan Nasional yang diperingati 4 September 2023, hari istimewa ini juga mempunyai logo khusus. Adapun logonya melambangkan senyum manusia dengan dasar warna hijau. Logo yang dikarang oleh salah satu The Best Ad Designer di Indonesia ini mewakili sebuah senyuman manusia yang tulus, yang menandakan sebuah kepuasan. Pemilihan warna hijau menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan tipologi huruf kecil melambangakan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya