SOLOPOS.COM - Ilustrasi tempat sampah di rumah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar tidak salah beli, ketahui tips memilih ukuran tempat sampah yang pas untuk ditaruh di rumah. Simak ulasannya di tips rumah kali ini.

Tong sampah merupakan benda yang wajib ada di rumah. Namun, seringkali kita tidak memperhatikan ukuran tempat sampah yang digunakan. Meskipun terdengar sepele, ukuran tempat sampah bisa memengaruhi kebersihan dan nilai estetika ruangan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dikutip dari Antara pada Selasa (1/11/2022), berikut ini tips memilih ukuran tempat sampah sesuai dengan luas ruangan  di rumah yang bisa kamu lakukan:

1. Sesuaikan dengan Jenis Ruangan

Dalam memilih ukuran tempat sampah yang tepat, kita perlu menyesuaikan dengan fungsi dari ruangan tersebut. Umumnya, tempat sampah besar bisa ditempatkan di dapur. Mengingat sehari-hari limbah sampah lebih banyak datang dari area ini, antara lain sampah plastik, sisa makanan, dan sisa kupasan bahan masakan. Kamu bisa memilih tong sampah dengan kapasitas 50-60 liter.

Baca Juga: TPST Piyungan Ditutup Sementara, Sampah di Jogja Numpuk hingga 1.200 Ton

Sedangkan untuk kamar mandi, kamu bisa menggunakan tempat sampah yang berukuran 18 liter. Ukuran ini sudah cukup untuk menampung sampah tisu toilet dalam sehari. Pada kamar tidur dan ruang tamu, kamu bisa memakai tempat sampah dengan ukuran kecil atau sekitar 10 liter.

2. Perhatikan Luas Ruangan

Tips berikutnya memilih ukuran tempat sampah untuk di rumah adalah perhatikan luas ruangan. Selain menyesuaikan dengan jenis ruangan, kamu juga harus memperhatikan luas ruangan yang tersedia. Hindari memakai tempat sampah terlalu besar karena akan membuat ruangan jadi tampak sempit.

Untuk dapur mungil, pilihlah tempat sampah yang bisa ditempatkan di bawah bak cuci piring. Dengan begini, dapur akan terlihat lebih rapi dan tidak menghalangi jalan.

Baca Juga: Patut Ditiru! Emak-Emak di Karanglo Klaten Sulap Sampah Jadi Pundi-Pundi Rupiah

3. Sesuaikan dengan Frekuensi Membuang Sampah

Selain dari fungsi ruang, kita juga perlu memakai tempat sampah besar dengan kapasitas 45-50 liter. Hal ini bertujuan buat mencegah tumpukan sampah berceceran di lantai, terutama jika kamu jarang mengeluarkan sampah ke tempat penampungan.

Lain halnya jika kamu membuangnya setiap hari. Tong sampah dengan kapasitas 28 liter sudah cukup untuk menampung sampah harian.

4. Perhatikan Jumlah Orang di Rumah

Sebelum menentukan ukuran tempat sampah, perhatikan juga jumlah orang yang tinggal dalam satu atap. Semakin banyak orang di dalam rumah, maka semakin besar pula kapasitas tong sampah yang diperlukan.

Baca Juga: Cegah TPA Klaten Overload, Kongres Hasilkan Pemilahan Sampah dari Rumah Tangga

Jika kamu tinggal sendirian atau berdua, maka tong sampah 30 liter dapat menjadi pilihan. Sedangkan kapasitas 50 liter, cocok untuk satu keluarga yang berjumlah empat orang. Namun, bila anggota keluarga berjumlah lebih dari empat orang, kamu bisa memakai tempat sampah dengan kapasitas 80 liter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya