SOLOPOS.COM - Ilustrasi sit up. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kegiatan olahraga selain menjadi hobi juga membuat tubuh sehat dan bugar. Bahkan beberapa jenis olahraga diklaim dapat membuat umur seseorang lebih panjang.

DIkutip dari Bisnis.com, Kamis (30/12/2021), studi terbaru tentang hubungan antara aktivitas fisik dan umur panjang menunjukkan bahwa jenis dan jumlah aktivitas fisik yang tepat mengurangi risiko kematian dini sebanyak 70 persen.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Hal itu bisa dilihat pada sosok Binaragawan Ade Rai yang sudah menginjak umur 52 tahun masih terlihat bugar dan lebih muda dari orang-orang seumurannya. Ia membeberkan dirinya dapat terlihat muda karena rutin berolahraga sejak kecil.

Hal itu tentu menarik bagi banyak orang untuk giat berolahraga. Berikut jenis olahraga yang disebut dapat membuat umur seseorang lebih panjang seperti yang dihimpun dari Liputan6:

1. Callanetics

olahraga umur panjang
Ilustrasi sit up. (Freepik)

Olahraga jenis callanetics atau latihan yang melibatkan pengulangan gerakan otot kecil di sebut dapat memperpanjang usia seseorang. Olahraga ini melibatkan setiap otot tubuh mealui gerakan nadi kecil sehingga membuat sel-sel lemak seseorang terbakar.

Latihan jenis callanetics yang kerap dijumpai yakni sit up. Gerakan sit up membuat lemak pada perut mengecil dan paha jadi ramping. Olahraga yang tak perlu memerlukan tempat khusus ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan tak terpatok usia.

2. Lari

olahraga umur panjang
Ilustrasi lari. (Freepik)

Sebuah penelitian menujukkan olahraga lari dapat menurunkan kadar kolestrol dengan cepat. Dengan berlari, seseorang dapat menstimulasi produksi sel lipoprotein densitas tinggi yang membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam darah.

Tak hanya itu, berlari juga memiliki manfaat seperti melatih jantung agar lebih besar dan kuat di tiap detaknya. Dengan demikian, olahraga lari dapat menjadikan tubuh terhindar dari penyakit jantung yang kemudian dapat hidup sehat dan umur lebih panjang.

3. Olahraga Kelompok

Profil Asnawi Mangkualam

Berdasarkan hasil penelitian dari The Copenhagen City Heart menunjukkan orang yang berolahraga tim dapat memiliki umur yang lebih panjang daripada orang yang olahraga sendiri.

Para ahli mengklaim persahabatan dan interaksi sosial dapat meningkatkan kesehatan mental dan kepatuhan pada aturan.

4. Yoga

Yoga merupakan olahraga untuk meningkatkan kesuburan pria. (Ilustrasi/Freepik)
Yoga merupakan olahraga untuk meningkatkan kesuburan pria. (Ilustrasi/Freepik)

Olahraga yang dapat membuat umur seseorang lebih panjang yakni Yoga. Yoga membantu mendekompresi tulang belakang serta menghilangkan ketegangan yang dihasilkan lantaran duduk dalam waktu yang lama. Peregangan pada tulang belakang memberikan lebih banyak nutrisi ke cakram intervertebralis dan membuatnya tetap sehat.

Selain sehat untuk fisik, yoga juga baik untuk pikiran. Meditasi pada yoga membuat pikiran lebih tenang dan mampu melepaskan stres.

5. Renang

Olahraga yang dapat membuat umur lebih panjang yakni renang. Berenang dianggap menjadi latihan kardio yang meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan memperkuat otot.

Hal tersebut membuat paru-paru lebih besar yang akibatnya mampu menangani banyak tekanan fisik dan tidak mudah lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya